Latest News
Monday 2 May 2016

Hari Pendidikan Nasional Adalah Peringatan Tentang Suramnya Pendidikan Indonesia


Suramnya pendidikan Indonesia

Unibkita.com || Ketika Jepang habis luluh lantah dibom bardir oleh Amerika dan sekutu di Hiroshima dan Nagasaki, Kaisar Jepang ketika itu bertanya bukan berapa banyak infrastruktur yang ada, bukan menanyakan berapa perusahaan yang masih tegak, namun Kaisar Jepang bertanya berapa banyak guru yang masih tersisi.

Pertanyaan itu mencerminkan betapa pentingnya pendidikan bagi masyarakat Jepang, terbukti pasca dibom bardiri menggunakan Nuklir oleh Amerika, kini Jepang menjadi Negara maju di ranah Asia.

Apakah Jepang maju karena teknologinya ? jelas, itu adalah karena pendidikannya. Dilihat dari keseriusan pemerintah Jepang yang fokus pada dunia pendidikan yang menjadi alasan nantinya kemajuan Jepang sebagai Negara yang kuat.

Bagaimana dengan pendidikan diindonesia ? Karena kita terdiri dari berbagai pulau-pulau sehingga pendidikan kita tidak merata ? teringat perkataan salah satu pernyataan seorang komika Stand Up Comedy, Abdur yang menyampaikan bahwa disekolah-sekolah daerah timur sana diberikan computer sebagai salah satu penunjang kualitas pendidikan namun percuma saja karena listrik disana saja belum ada.

Hal itu adalah bagian kecil dari masalah pendidikan kita diindonesia, berapa banyak anak-anak putus sekolah karena hal biaya, bukan kah pemerintah sudah berikan annggaran 20% dari APBN untuk dana Pendidikan, lantas kemanakah uang sebanyak itu ? apakah habis dengan event-event yang kurang esensial dalam kemerataan pendidikan.

Dunia kampus saja sekarang semakin hari semakin  mengerikan, dimana sistem pembayaran SPP diberi nama sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), entah kenapa kalo menyebut ini saya gemetaran, ketika melihat mahasiswa yang setiap jatuh tempo harus meminta uang kepada orang tuanya dengan nilai yang sungguh tinggi untuk membayar UKT.

Beasiswa-beasiswa yang terkadang diterima oleh mereka yang seharusnya tidak berhak menerimanya, menambah daftar panjang suramnya pendidikan diindonesia. Sehingga muncul pertanyaan bahwa kenapa tingkat kriminalitas tinggi, bisa jadi karena pendidikan yang begitu mahal.

Sehingga peringati Hari Pendidikan Nasional ini menjadi peringatan bahaya bagi kita, sudah berapa tahunkah kita merdeka, sudah berapa banyak anak yang putus sekolah, sudah bagus kah sistem pendidikan kita. semoga hal ini menjadi renungan kita semua, dan semoga ada gerakan-gerakan positif yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan diindonesia.


 

   Penulis : Juanda, S.IP (Pimpinan Unibkita.com)




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hari Pendidikan Nasional Adalah Peringatan Tentang Suramnya Pendidikan Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Unibkita