Latest News
Monday 4 April 2016

3 Alasan Kenapa Mesti Kuliah di Universitas Bengkulu

Rektorat Universitas Bengkulu
Unibkita.com | Jika ditanya kampus nomor satu di provinsi Bengkulu maka tentu jawaban setiap orang adalah Universitas Bengkulu (UNIB), Merupakan kampus yang berdiri sejak tahun 1982 hingga sekarang memiliki 8 fakultas yakni, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan yang baru adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Saat ini Universitas Bengkulu dipimpin oleh dosen yang berlatar belakang ilmu Ekonomi yakni Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc dengan visi Universitas yaitu "Menjadi World Class University di Tahun 2025".

Nahhh, itu sejarah singkatnya Universitas Bengkulu, namun ada hal yang membuat belasan ribu pelajar SMA ingin mendaftar Universitas Bengkulu yang kita ketahui bahwa UNIB hanya menerima kurang lebih hanya 4000 mahasiswa baru setiap tahunnya, sehingga sekarang saya akan menjelaskan kenapa sih mesti kluliah di Universitas Bengkulu ?

1.  Kualitas SDM UNIB Masuk 10 Besar Diindonesia

Sumber : news.okesone.com
Ditahun 2015 yang lalu Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi membuat sebuah pemeringkatan bagi perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, dengan tujuan agar dapat mengembangkan kapasitas akademis dan non akademis berkelanjutan. 

Salah satu Kategori yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dalam kategori ini Universitas Bengkulu masuk peringkat 10 besar, dengan rincian sebagai berikut :

Perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas SDM
1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

4. Universitas Negeri Malang (UM)

5. Universitas Indonesia (UI)

6. Universitas Negeri Makassar (UNM)

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

9. Universitas Airlangga (Unair)

10. Universitas Bengkulu



2.  Masuk 10 Besar Kampus Terhijau Diindonesia


Kampus Universitas Indonesia (UI) sudah kelima kalinya mengumumkan UI GreenMetric Ranking of World Universities atau pemeringkatan universitas paling hijau. Arena ini diikuti oleh 360 universitas se- dunia. Termasuk Juga dari Indonesia yang jumlah pesertanya 29 universitas.

Pemeringkatan UI GreenMetric ini memanfaatkan bobot nilai, terdiri dari statistik kehijauan universitas (15 %), pengelolaan sampah (18 %), energi serta perubahan iklim (21 %), pemakaian air (21 prosen), transportasi (18 %), serta pendidikan (18%).

Untuk juara tahun ini diraih oleh University of Nottingham dengan poin 7267, diikuti oleh University of Connecticut dengan poin 7156 serta juara ketiga diraih oleh University of California dengan poin 7134.

Sementara itu Indonesia sendiri, terdapat tiga universitas yang lolos 50 besar Universitas Hijau Paling Baik didunia.


Pertama diraih oleh Universitas Indonesia di posisi 33 dengan total score 6157, disusul Institut Pertanian Bogor pada posisi 36 dengantotal score 6130

Berikut ialah 10 universitas terhijau di Indonesia menurut UI GreenMetric :
  1. Kampus Universitas Indonesia (score : 6157)
  2. Kampus Institut Pertanian Bogor (score : 6130)
  3. Kampus Universitas Diponegoro (score : 5989)
  4. Kampus Universitas Negeri Semarang (score : 5792)
  5. Kampus UniversItas Sebelas Maret (score : 5445)
  6. Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (score : 5221)
  7. Kampus Universitas Negeri Andalas (score : 5022)
  8. Kampus Institut Teknologi Bandung (score : 4927)
  9. Kampus Universitas Islam Indonesia (score : 4898)
  10. Kampus Universitas Bengkulu  (score : 4510)

UI GreenMetric adalah pemeringkat universitas terhijau perdana di dunia. Pemeringkatan ini sudah terjadi sejak tahun 2011.

3. Punya Danau Cantik dan Taman yang Indah
foto via fb bem kbm unib
Banyak kampus yang juga memiliki danau yang cantik seperti di UI dan UNS, seperti halnya kampus UNIB juga memiliki danau yang indah terletak di antara gedung Rektorat dan gedung kuliah bersama II.

Walaupun terkadang air danaunya keruh kecoklatan yang disebabkan musim hujan tapi jika sudah pada musimnya, danau kampus UNIB airnya akan terlihat hijau dan bersih, akan terlihat cantik jika dinikmati. contoh kecil saja masih banyak para Photografer yang menjadikan danau UNIB menjadi lokasi pemotretan weeding-weedingan gitu.

Selain danau yang cantik, kampus unib juga memiliki taman-taman yang indah, sangat cocok jika melalukan diskusi, belajar bareng, atau hanya sekedar untuk nongkrong2 aja. sepengetahuan saya sih ada beberapa taman-taman yang ada di unib, seperti :
  1.  Taman Kupu-kupu yang berada di depan Dekanat FISIP.
  2. Taman Kura2 yang berada di depan Dekanat FKIP.
  3. Taman "DPR" yang berada di depan Perpustakaan.
  4. ada juga taman yang berada di belakang Gedung GB 5  
  5. De el el
Gimana ??? mesti bangga donk dengan kampus kita yang cantik ini...heee

Itulah 3 alasan yang wajib diketahui teman-teman semua kenapa sih mesti bangga kuliah dikampus kita tercinta ini, dan teman-teman semua mesti share juga nih ke adik-adiknya biar tahu kampus kita ini keren dan prestatif juga loh, yang jelas kita bisa bersaing dengan kampus-kampus ternama diindonesia tentu untuk tujuan visi kita "world class university".



Juanda
Pimpinan Media Online Unibkita.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 3 Alasan Kenapa Mesti Kuliah di Universitas Bengkulu Rating: 5 Reviewed By: Unibkita