Latest News
Sunday 28 May 2017

5 Tips Berpuasa Untuk Mahasiswa Rantau


UnibKita.com|| Bulan Ramadhan telah tiba. Bulan untuk mencari berkah dan pahala, bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Mungkin bagi mahasiswa rantau bulan Ramadhan menjadi momen yang butuh perjuangan. Dimana semua kegiatan dilakukan sendiri, dari mulai sahur hingga nanti berbuka. Tentu tidak mudah untuk melakukan semuanya jauh tanpa keluarga. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan mahasiswa rantau agar berpuasanya terasa lebih menyenangkan.

  • Jangan Begadang
Begadang menjadi kegiatan yang biasanya dilakukan oleh sebagian mahasiswa. Tapi, sebaiknya selama bulan Ramadhan kebiasaan itu dihilangkan dulu atau setidaknya dikurangi. Selama bulan Ramadhan, kamu harus bangun pukul 03.00 untuk mempersiapkan sahur seorang diri. Apalagi semalam kamu selesai sholat tarawih pukul 22.00, dilanjutkan lagi dengan kegiatan lainnya. Tentu hal itu akan menyebabkan kamu terlambat sahur atau bisa-bisa enggak bangun sahur. Lagipula, tidur tepat pada waktunya sangat menyehatkan. Nanti ketika kamu bangun tidur, badan akan terasa sehat dan fit menjalankan kegiatan sehari-hari.
  • Sahur Bergizi dan Praktis
Menu sahur juga menentukan bagaimana kuat atau tidaknya kamu berpuasa. Sahur dengan makanan bergizi tentu sangat dianjurkan untuk kamu. Tapi, jika sahur yang bergizi itu susah didapat, sahur praktis juga bisa lho. Kamu bisa makan telor ceplok dan sambal, daripada makan mie instan yang tentu kurang baik untuk kamu, dan untuk melengkapinya bisa ditambah segelas susu, agar tambah kuat menjalani ibadah puasa. 
  • Berbagi Takjil

Selama bulan Ramadhan sebaiknya kamu semakin sering berbagi ke sesama. Apalagi berbagi takjil ke mahasiswa rantau juga. Selain menambah pahala, tentu juga kegiatan ini akan mempererat tali silaturahmi kamu. 
  • Ngabuburit Positif

Sambil menunggu waktu berbuka, ada baiknya kamu ngabuburit dengan kegiatan yang positif. Misalnya sambil mengaji atau tadarusan. Olahraga ringan di sore hari, atau mengikuti event berbuka bersama anak yatim atau orang yang kurang mampu. 
  • Berbuka di Masjid

Di hampir setiap masjid pasti menyediakan menu berbuka gratis. Selain dapat berbuka secara gratis, kamu juga dapat merasakan berbuka bersama orang-orang baru. Setelahnya kamu pun bisa langsung shalat berjamaah. Hal ini tentu akan mengurangi pengeluaran bulanan kamu.


Semoga tipsnya bermanfaat ya, eittss jangan lupa juga untuk dilakukan. Kalo perlu sekalian dibagikan, biar sama-sama menebar kebaikan. Marhaban Ya Ramadhan dan Happy Ramadhan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Tips Berpuasa Untuk Mahasiswa Rantau Rating: 5 Reviewed By: Nurhidayah Tanjung