Latest News
Tuesday 15 August 2017

Tips Mengambil Hati Dosen Agar Mendapatkan Nilai ''A''

sumber gambar radiountar
Unibkita.com|| Halo sahabat UK, apa kabar sampai detik ini ? penulis berharap kalian baik-baik saja dan semoga selalu dalam lindungan ALLAH SWT. Apa yang terbayang dipikiran sahabat UK jika sedang berpikir bagaimana caranya agar bisa mendapatkan nilai A ? hayoo apa ? jangan berpikir untuk menyuap Dosen ya atau menggunakan dukun hehehe. Penulis ingat pesan dari Dosen PA yaitu jika mau tahu kualitas pendidikan suatu perguruan tinggi maka lihat dari nilainya. Para Dosen mudah memberi nilai tidak. Jika Dosen mudah memberi nilai A bagi mahasiswa yang malas, maka bisa di pastikan perguruan tinggi itu kurang baik. Penulis yakin dan percaya di Universitas Bengkulu, para Dosennya tidak asal memberi nilai A kepada para mahasiswanya. Kenapa ? karena penulis sudah melakukan survei Hehe seperti petugas sensus aja. Baiklah sekarang penulis akan memberi tips mengambil hati Dosen agar mendapatkan nilai “A” bagi mahasiswa Universitas Bengkulu khususnya mahasiswa baru angkatan 2017 Ok cekidot.

Baca materi sebelum kuliah
sumber gambar wikiHow
Apa sih manfaatnya ? manfaatnya yaitu ketika kita bisa menguasai materi yang akan diajarkan oleh Dosen kepada kita sebelum kita mulai kelas, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Dosen dengan baik dan kita mudah paham materinya. Walaupun mungkin hanya 50% kita paham sebelum kelas dimulai, setidaknya kita memiliki bekal ketika kelas dimulai. Dosen sangat suka dengan mahasiswa yang bisa menjawab quis dadakan. Lumayan lah bisa mendapatkan point tambahan untuk nilai, dan yang pasti kita bisa dekat dengan Dosen tersebut. Apalagi untuk mahasiswa baru, kesan pertemuan pertama dengan Dosen harus dimanfaatkan dengan optimal.

Siapkan pertanyaan ketika Dosen mengajar
sumber gambar wordPress
Hal ini tidak kalah penting, Dosen sangat antusias ketika ada mahasiswa yang bertanya dengan dia mengenai materi yang sudah diajarkannya di kelas. Maka siapkan pertanyaan sebelum kelas dimulai. Hal ini di awali dengan baca materi sebelum kelas dimulai.

Tidak harus duduk paling depan
sumber gambar perpetualstudent.net
Ingat ! untuk mendapatkan hati Dosen, tidak harus duduk paling depan. Dosen lebih suka dengan mahasiswa yang aktif. Jadi kalian tidak perlu rebutan tempat duduk yang paling depan.

Cari info mengenai Dosen melalui kakak tingkat
sumber gambar pizna.com
Jika kalian belum paham sifat Dosen maka bertanyalah dengan kakak tingkat satu jurusan atau satu fakultas. Hal ini merupakan strategi yang harus kita kuasai. Sebagai mahasiswa kita juga harus dapat beradaptasi dengan para Dosen. Tidak semua Dosen memiliki sifat yang sama.

Jangan punya niat titip absen
sumber gambar brilio net
Hindari pemikiran yang seperti ini, Dosen hafal muka-muka kalian yang tidak pernah masuk. Walaupun tidak hafal nama. Jangan coba-coba hal ini jika kalian tidak ingin mendapat nilai “D” atau “E”. Setidaknya walaupun kita sulit memahami mata kuliah tertentu tetaplah masuk kuliah. Tetaplah belajar, karena kuliah tidak ada yang mudah.

Sering aktif di kelas

sumber gambar Youthmanual
Jika ingin mengambil hati Dosen, lakukanlah hal ini. Jika Dosen mengizinkan bertanya. Maka bertanya. Jika Dosen mengajukan pertanyaan maka angkat tanganmu dan jawablah. Aktif dikelas bukan bermaksud kalian itu ribut tidak jelas. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin.

Jangan copy paste tugas teman
sumber gambar true story
Jika kalian memiliki tugas yang sulit dan bisa membuat otak kalian meleleh. Maka bertanyalah dengan teman-teman sekelas ataupun kakak tingkat. Jangan pernah untuk COPY PASTE tugas teman. Dosen itu sangat paham mana tugas yang copy paste. Jangan buat Dosen kecewa dengan tugas kalian. Lakukanlah seperti yang dikatakan Dosen. Jika Dosen ingin A maka buat A jangan B.

Itulah sedikit pengalaman dari penulis mengenai dunia perkuliahan khususnya di Universitas Bengkulu. Untuk sahabat UK tetap stay di unibkita.com ya. Nantikan tulisan penulis di episode berikutnya. Sampai jumpa [wahid]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Mengambil Hati Dosen Agar Mendapatkan Nilai ''A'' Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah