Latest News
Friday 25 August 2017

PIMNAS Ajang TOP Mahasiswa Se-Indonesia, UNIB Berhasil Kirimkan 2 Tim


Unibkita.com|| ‘’Kontingen PIMNAS 30 UNIB siap mengudara ke bumi Pattimura, semangat 45 kita guncang dengan segenap kekuatan yang kita miliki dan semoga pulang membawa harapan’’, itulah sebuah ungkapan bahagia dari salah satu anggota tim Reptil Otawa yaitu Astri Wijayanti.


Tahun ini memang UNIB berhasil memgirimkan 2 tim untuk mengikuti PIMNAS ke 30 di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Tim pertama diketuai oleh Okta Fernando, REPTIL (Replika Tabot dari Limbah) Peluang Bisnis Kreatif Mengenalkan Budaya dan Mengurangi Limbah Sampah di Bengkulu dan tim KOLABORASI MESESSABA (Media Feses Sapi dan Feses Domba) Terhadap Respon Pertumbuhan Cacing Tanah (Pheretima Sp) Melalui Perlakuan Berbeda diketuai oleh Icuk Rahma Dani.

Menurut data yang dilansir oleh detiknews, sebanyak 1.845 mahasiswa dari 89 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa ke-30 dikampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan terbagi menjadi 420 tim. Mereka akan mengikuti ajang lomba presentasi, lomba pameran produk dan poster. Terdapat 7 program kreatifitas mahasiswa yang dilombakan yakni Penelitian Eksakta, Penelitian Kewirausahaan, Pengabdian Pada Masyarakat, Penelitian Sosial Humaniora, Penerapan Teknologi, Karsa Cipta dan Gagasan Tertulis.


Tim terbaik yag dimiliki Universitas Bengkulu berangkat didampingi oleh Dr.Mochammad Ridwan,S.E,M.P sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Bustanuddin lubis,MS selaku Kepala UPT Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (PKM) dan Kasubbag Minat, Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan Andris, ST. PIMNAS ke-30 ini sendiri dimulai sejak tanggal 23 sampai dengan 28 Agustus 2017. Acara pembukaan PIMNAS digelar di Pelataran Auditorium Al Jibra kampus UMI, di jalan Urip Sumoharjo. Euforia ketika pembukaan berlangsung dapat penulis rasakan ketika melihat postingan video salah satu anggota tim Reptil Otawa. Bendera Universitas Bengkulu mampu bersanding dengan Perguruan Tinggi lainnya.

Turut hadir pula Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENRISTEKDIKTI Prof. Intan Ahmad. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan PIMNAS ini untuk menunjang kemajuan Bangsa Indonesia yang sejahtera dibidang penelitian dan inovasi sehingga dapat menggerakkan ekonomi sosial sekaligus mencari sosok pemimpin nasional yang bisa mewujudkan Bangsa Indonesia yang sejahtera seperti telah disinggung sebelumnya.

Sebuah kemajuan bagi Universitas Bengkulu tahun ini berhasil mengirimkan 2 Judul Program Kreatifitas Mahasiswa dalam hal ini adalah PKMK dan PKMPE. Tahun lalu Universitas Bengkulu hanya berhasil mengirimkan 1 Tim. Mari sama-sama kita doakan saudara-saudara kita yang tengah berjuang di Bumi Pattimura, semoga nilai-nilai integritas dapat diserap sehingga mereka menjadi penerus dari generasi-generasi sebelumnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: PIMNAS Ajang TOP Mahasiswa Se-Indonesia, UNIB Berhasil Kirimkan 2 Tim Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah