Latest News
Sunday 6 August 2017

Hai Calon MABA UNIB 2017, Ini 5 Tips bermanfaat Saat Jalani PKK

PKK MABA tahun 2015-cakrawala bumi rafflesia (sumber gambar: unib.ac.id)
Unibkita.com|| Hallo teman-teman mahasiswa baru Universitas Bengkulu angkatan 2017. Selamat datang di Kampus yang wilayahnya sejuk dan masih asri. Selamat atas perjuangan kalian hingga kalian bisa masuk di kampus biru Universitas Bengkulu. Penulis tahu bahwa perjuangan tes masuk perguruan tinggi itu sulit. Penulis juga pernah mengalami hal itu.

Sehubungan akan dilaksanakan kegiatan perkenalan kehidupan kampus atau yang sering disebut PKK. Kegiatan ini akan di laksanakan pada tanggal 7-10 agustus 2017. Dimulai dari 2 hari kegiatan PKK tingkat Universitas dan 2 hari PKK Fakultas. Penulis akan membagikan sedikit tips untuk mahasiswa baru Universitas Bengkulu angkatan 2017. Ok, cekidot...

1. Kondisi fisik
Kegiatan PKK di Universitas Bengkulu baik itu tingkat Universitas dan Fakultas memang banyak menguras tenaga. Maka dari itu teman-teman harus bisa menjaga kondisi fisiknya selama 4 hari selama kegiatan tersebut dilaksanakan. Bahkan awal-awal Agustus sudah di sibukkan dengan kegiatan Technical meeting , registrasi maba, dan lain sebagainya. Penulis ingin berbagi tips untuk mahasiswa baru agar kondisinya tetap fit ketika hari H. Mahasiswa baru harus menjaga pola makan dan minum, mahasiswa baru harus tetap sarapan pagi ketika akan pergi ke kegiatan TM, registrasi maupun kegiatan lain. Jangan banyak makan makanan yang berminyak, seperti gorengan bakwan, pisang, dll. Maba juga harus makan-makanan berserat contohnya sayuran dan buah-buahan. Tidur malam jangan lupa, jangan sibuk untuk begadang. Tidur malam yang baik itu dimulai dari jam 9 – 2 dini hari. Kenapa ? karena racun-racun ditubuh kita akan dibasmi oleh ginjal. Jangan tiru penulis ya, kalau tidur minimal jam 12 malam Hehe, Jangan lupa olahraga juga ya Karena tubuh yang sehat dan bugar di peroleh dari kita yang rajin olahraga. Olahraga ringan saja seperti senam, lari marathon atau pun gerakan statis.

2. Perlengkapan PKK
Kegiatan PKK Universitas Bengkulu membutuhkan beberapa perlengkapan umum maupun perlengkapan pribadi bagi peserta PKK mahasiswa baru. Semua hal ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Kenapa ? karena jika perlengkapan PKK dicari saat  H-1 atau hari H. Maka belum tentu bisa dapat sesuai dengan pemikiran. Jangan di kira mahasiswa baru itu hanya ratusan. Tapi nyatanya itu ribuan. Banyak mahasiswa baru yang juga mencari perlengkapan yang sama. Hal yang tak kalah penting juga, teman-teman harus paham betul segala peraturan PKK  sebagai pedoman dalam menjalani pengenalan kehidupan kampus. Penulis juga mengingatkan kepada mahasiswa baru untuk segera mempersiapkan hal-hal apa saja yang di bawa dalam perlengkapan acara pengenalan kehidupan kampus (PKK) Universitas Bengkulu. Jangan selalu menunda waktu, karena kalian sudah menjadi seorang mahasiswa. Mahasiswa harus sudah bisa mengatur waktu dengan baik. Bukannya diatur oleh waktu.

3. Saat Hari H (acara)
Ketika hari H atau saat dilaksanakan kegiatan PKK Penulis memberi tips kepada teman-teman semua. Pertama ketika berangkat menuju kampus biru (Universitas Bengkulu) harus berangkat pagi, jam 6 sudah On, bukannya baru mau mandi. Kenapa ? karena lebih baik menunggu acara daripada terlambat jika terlambat nanti bahaya di jalannya, kalian pasti gelisah dan tidak menutup kemungkinan akan kebut-kebutan dijalanan. Jika kecelakaan kan bisa repot. Persiapkan dari malam hari semua perlengkapan PKK. Jadi ketika waktu subuh, kalian hanya mengecek kembali. Tidak perlu repot-repot lagi. Jangan lupa minta restu orang tua dengan cara mencium kedua tangan orang tua dan memberi salam. Restu orang tua penting loh. Untuk yang kos, jangan lupa cek kompor atau peralatan listrik lainnya. Jangan lupa dimatikan ya. Kegiatan PKK itu seharian, jangan lupa sarapan . Ini tips terakhir dari penulis. Tetap waspada dan hati-hati ketika melaksanakan kegiatan. Jangan bawa barang berharga berlebihan.

4. Ramah Dengan Semua Orang
Jadilah orang yang ramah dan humble dengan semua orang, jangan membeda-bedakan orang. Penyakit mahasiswa baru ialah hanya mau berinteraksi dengan teman sedaerah atau dengan teman yang dekat dengan kosan atau tempat tinggalnya. Buang jauh-jauh pikiran itu, kalian akan merasakan sendiri manfaatnya jikalau kita ramah dan tidak pilih-pilih teman. Rezeki ngalir terus coy..... hehehe

5. Meminta Nomor Kontak Teman Semasa PKK
Saat PKK berlangsung, kalian akan bertemu ribuan orang yang datang dari berbagai daerah. Jadikan momentum ini menjadi ladang untuk mencari teman. Tidak menutup kemungkinan kalian akan dipertemukan di lain kesempatan. Mintalah kontak nomor mereka yang bisa dihubungi, tidak hanya itu tanyakan juga media social mereka agar semakin memudahkan kalian berkomunikasi.

Sekian tips dari penulis. Ini semua hasil pengalaman penulis karena penulis juga pernah jadi mahasiswa baru hehe. Hal terpenting untuk mahasiswa baru angkatan 2017 yaitu tetap semangat di setiap acara, karena dengan semangat inilah kalian bisa menghilangkan rasa letih. Bagi yang tidak ikut bakalan rugi loh.

Kesan ikut PKK Universitas dengan teman-teman seangkatan itu beda. Asik banget, bisa kenalan dengan teman-teman Fakultas lain juga. Okay , sampai jumpa. Tetap stay di website unibkita.com ya. Tunggu tulisan selanjutnya dari penulis. (wahid)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hai Calon MABA UNIB 2017, Ini 5 Tips bermanfaat Saat Jalani PKK Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah