Latest News
Tuesday 8 August 2017

[Media Partner] Mahasiswa Sipil UNTIRTA Bangun Desa, Kampung Bojong Jadi Tempat Pilihan




Unibkita.com|| Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Sultan Ajeng Tirtayasa, akan melakukan aksi sosial bertajuk Anak Sipil Bangun Desa (ABSES) 2017. Kegiatan ini akan berlangsung pada 11 agustus – 24 september 2017 di kampung Bojong, Kecamatan Mancak, Desa Pasirwaru, Serang Banten. ABES 2017 merupakan kegiatan ketiga dari mahasiswa/i Sipil Universitas Sultan Ajeng Tirtayasa yang mana kegiatan ini pertama kali diadakan di Desa Taman Sari Kecamatan Baros Serang, Banten pada tahun 2013, kemudian 2 tahun berselang berlangsung di Desa Batarwangi, Kecamatan Cinangka Anyer.

Pemilihan Desa Pasirwaru dalam Kegiatan ABSES 2017 ini dipengaruhi oleh beberapa aspek, yaitu akses jalan yang rusak,  masalah air bersih serta sistem sanitasi dan drainase yang kurang baik. Dengan beberapa aspek itulah Desa Pasirwaru dipilih dan diharapkan dengan progam ASBES 2017 ini masalah-masalah yang ada di desa itu dapat terselesaikan.

program yang berlangsung setiap 2 tahun sekali ini mempunyai berbagai kegiatan, mulai dari sosialisai kegiatan ABSES, melakukan belajar bersama di SDN Bojong, memberikan ternak dan bibit, menanam tanaman obat, gotong royong, penyuluhan dan pelayanan kesehatan gratis, pemberian sembako dan masih banyak lainnya. Selain kegiatan tersebut ABSES 2017 berencana membangun MCK untuk memperbaiki kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan. Untuk melaksanakan itu semua, Himpunan Mahasiswa Sipil membuka donasi kepada siapa pun yang ingin membantu.

Donasi dapat berupa:
- Buku
Bantuan buku dapat dikirim ke: Sekretariat HMS UNTIRTA (Jl. Jenderal Sudirman, KM.4, Cilegon)
- Uang
Bantuan berupa uang dapat ditransfer ke no. Rekening:
1. 6520429113 ; BCA (a.n Tri Setyorini)
2. 0469334349 ; BNI (a.n Rosyida Hutami)

Desa Pasarwaru sendiri memiliki mayoritas penduduknya bekerja petani, Hal ini ini diharapkan dengan adanya ABSES 2017 masyarakatnya akan selalu menjaga kebersihan lingkungan dari kebiasaan buang air sembarangan, meningkatnya kesehatan masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membangun, memelihara, dan mengembangkan penataan lingkungan di masyarakat.

Dengan diadakannya program ABSES oleh himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Sultan Ajeng Tirtayasa semoga dapat dicontoh oleh Universitas-Universitas yang ada di Indonesia serta timbulnya kelompok-kelompok lain yang memiliki tujuan yang baik untuk pengembangan desa terpencil. Berikut ini unibkita melampirkan gambar proyek MCK. (erik)

gambar tampak depan
gambar tampak belakang
gambar tampak kanan

gambar tampak kiri

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: [Media Partner] Mahasiswa Sipil UNTIRTA Bangun Desa, Kampung Bojong Jadi Tempat Pilihan Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah