Latest News
Sunday 25 December 2016

UNIB Panen Piala Dalam Lomba Kick MGC 2016 se-Sumatera



Unibkita.com|| Kick MGC merupakan event terbesar di Fakultas Pertanian. Penghujung tahun 2016 ini MGC mengangkat tema “Menuju generasi muda yang berkarakter islami dan bermental juara menuju pembangunan masyarakat madani”. Rangkaian acara pun telah terlaksana yakni seminar nasional yang berhasil mendatangkan Zaky Ahmad Rivai seorang aktor film tausiyah cinta. Seminar nasional  tersebut bertemakan “Islam itu harus radikal, yang tidak boleh itu ekstrem”.

Istilah radikal sendiri berasal dari bahasa latin yaitu radix yang artinya akar pohon. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), radikal artinya secara mendasar atau sampai kepada hal yang prinsip. “Kalau radikal itu pemahaman kepada akar, nah agama itu ada akarnya sudah seharusnya seseorang punya pemahaman agama yang mengakar. Jadi istilah radikal itu bukan sesuatu yang negatif sebenarnya kalau kita bahasa secara akademik,”  ujarnya.

Ia menjelaskan, istilah radikal kemudian menjadi stigma negatif lantaran dipahami berdasarkan konteks barat.“Dengan pemahaman yang mengakar maka ada kepastian, jadi radikal itu bukan sesuatu yang negatif, cuma karena pembahasan radikal ini dalam konteks barat maka radikal itu menjadi sesuatu yang negatif karena dipahami sempit dan terbatas,” sambungnya. Mempelajari Islam secara keseluruhan, jangan membentuk diri dengan segala kemungkinan-kemungkinan yang ada, jangan malu bertanya soal Islam kemudian menggunakan  bahasa yang baik dan benar itu semua merupakan Tips yang diberikan oleh Zaky Ahmad Rivai diakhir seminarnya.

Setelah acara seminar nasional dilanjutkan dengan pembacaan pengumuman pemenang lomba Kick MGC se-Sumatera.Terdapat 9 cabang lomba dan Universitas Bengkulu paling banyak mendapatkan juara, adapun pemenangnya adalah:

- Cabang lomba LKTIA
 Juara 1 dan 2 diraih oleh mahasiswa asal Universitas Bengkulu, juara 3 diraih oleh siswa dari SMA  IT IQRA

-Cabang lomba Kaligrafi
 Juara 1  dan 2 diraih oleh siswa asal MAN 2 Kepahiyang,  juara 3 diraih oleh mahasiswa asal  Universitas Bengkulu

-Cabang lomba MTQ Mujawat
 Juara 1 diraih oleh mahasiswa asal IAIN, Juara 2 dan 3 diraih oleh mahasiswa asal Universitas  Bengkulu

-Cabang lomba MTQ Tartil
 Juara 1 diraih oleh mahasiswa asal IAIN, juara 2 dan 3 diraih oleh mahasiswa asal Universitas  Bengkulu

-Cabang lomba Cipta Cerpen
 Juara 1 diraih oleh  saudari Elvi Ansori (umum), juara 2 dan 3 diraih oleh mahasiswa asal  Universitas Bengkulu

-Cabang lomba cipta puisi
 Juara 1,2, dan 3 diraih oleh mahasiswa asal Universitas Bengkulu

-Cabang lomba Syahril
 Juara 1 diraih oleh siswa asal MAN 2 Kepahiyang, Juara 2 diraih oleh mahasiswa asal Poltekes,    juara 3 diraih oleh mahasiswa asal Universitas Bengkulu

-Cabang lomba Dai dan Dai’ah
 Juara 1 diraih oleh mahasiswa asal IAIN,  juara 2 diraih oleh siswa asal MAN 2 Kepahiyang dan  juara 3 diraih oleh mahasiswa asal Poltekes


-Cabang lomba Olimpiade Pertanian
Juara 1, 2, dan 3 diraih oleh mahasiswa asal Universitas Bengkulu
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: UNIB Panen Piala Dalam Lomba Kick MGC 2016 se-Sumatera Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah