Latest News
Friday 16 December 2016

Selamat, UNIB Peringkat 46 Nasional Sebagai Institusi Ilmiah Atas Dasar Indeks Scopus

Logo UNIB
UnibKita.com || Scopus adalah sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini. Bahkan, walau jumlahnya tidak signifikan ada beberapa literatur dalam pusat data Scopus yang sudah diterbitkan di jaman sebelum terjadi Perang Dunia II. Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai metadata masing-masing artikel ilmiah secara individual, termasuk di dalamnya adalah data publikasi, abstrak, referensi, dll.

Universitas Bengkulu (UNIB) merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bengkulu. UNIB memiliki publikasi di Scopus sejak tahun 1992. Total publikasi hingga 3 Juni 2016 adalah 112 dokumen. 

Jumlah publikasi UNIB terus mengalami kenaikan sejak tahun 2008 hingga tahun 2015, walaupun sempat mengalami penurunan pada tahun 2012. Rata-rata pertumbuhan 5 tahun terakhir adalah 11,31%. Sebanyak 77,68% publikasi UNIB merupakan artikel jurnal ilmiah, sedangkan publikasi dalam bentuk makalah prosiding seminar sebanyak 19,64%. Tren riset UNIB terlihat dari subjek bidang ilmu publikasinya adalah pertanian dan ilmu biologi, teknik, biokimia, genetik dan biologi molekuler, kimia, dan ilmu komputer.

Penulis berafiliasi UNIB di Scopus berjumlah 106 orang. Penulis publikasi terbanyak adalah Prof. Urip Santoso (dosen Fakultas Pertanian UNIB) yang memiliki 12 dokumen. UNIB banyak berkolaborasi dengan lembaga di dalam dan luar negeri antara lain yang paling banyak adalah dengan Gifu University, Kyoto University, dan Curtin University. Adapun kolaborasi dengan negara lain paling banyak dengan Jepang, Australia, dan Malaysia.

Selain Prof Urip Santoso, terdapat 9 orang dosen lainnya yang merupakan penulis artikel terindeks Scopus yang paling produktif di UNIB yaitu : Morina Afda (FMIPA), Mudin Simanihuruk (FMIPA), Asep Sofwan Alqap (Teknik), Salprima Yudha (FMIPA), Sri Ade Wahyuni (Teknik), Eka Angkasa (FMIPA), Totok Eka Suharto (FMIPA), Dwatmaji (Pertanian ), dan Kurnia H. Dewi (Pertanian).

Sumber : FP Lembaga Pengembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Universitas Bengkulu.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Selamat, UNIB Peringkat 46 Nasional Sebagai Institusi Ilmiah Atas Dasar Indeks Scopus Rating: 5 Reviewed By: Unibkita