Latest News
Friday 11 November 2016

Inilah Beberapa Alasan Mahasiswa Kuliahnya Lama !



UnibKita.com || Lulus menjadi sesuatu hal yang sangat didambakan mahasiswa. Setiap mahasiswa yang berkuliah pasti ingin lulus dengan cepat dan mendapat nilai yang memuaskan. Namun, ada juga mahasiswa yang terkendala suatu hal sampai lulus kuliahnya lama sekali.

Sebenarnya kuliah lama boleh-boleh aja sih. Tapi mesti lulus juga nantinya. Jangan sampai malah di DO karena lama banget kuliahnya.

Nah, di bawah ini beberapa alasan kenapa mahasiswa kuliahnya lama


  • Salah jurusan





Yang ini nih sepertinya agak fatal dampaknya. Untuk masuk ke perguruan tinggi ada tiga cara, yaitu lewat jalur snmptn, sbmptn, atau mandiri. Nah dari ketiga jalur itu enggak bisa menentukan kita akan masuk ke jurusan yang kita mau. Kan bisa aja kita dapatnya di jurusan pilihan ke dua atau ke tiga. Ditambah lagi banyak juga yang memilih jurusan yang sedikit diminati agar bisa lulus.


Dan akhirnya harus menerima kenyataan bahwa lulus di jurusan yang enggak disukai. Mereka ini malah malas dan tidak serius berkuliah. Karena tujuan mereka adalah agar tetap bisa kuliah. Bukan lulus secepatnya.

  • Kuliah dipaksa orang tua





Keinginan orang tua terkadang berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan anaknya. Orang tua juga lebih suka memaksa anaknya untuk berkuliah di jurusan yang mereka mau. Sehingga sang anak enggan serius kuliah, karena apapun yang dipaksakan itu kurang baik.


  • Terlalu sibuk organisasi





Kuliah itu bukan hanya soal IPK. Tapi kemampuan berorganisasi juga sangat penting. Dimana setelah kuliah nanti kita sudah bisa bersosialisasi dan berorganisasi. Tapi jangan lupa juga untuk mengimbangi dengan kuliah.


Karena kesibukan berorganisasi banyak menghabiskan banyak tenaga, uang dan waktu sehingga kuliah tidak menjadi prioritas lagi.


  • Jauh dari orang tua





Karena mereka tinggal sendiri dan terkesan bebas. Maka sering kali terlena dengan kebebasan yang mereka punya dan memanfaatkannya terlalu berlebihan. Seperti sibuk berpacaran, nongkrong disana-sini, begadang tiap malam dan lain-lain.


Apapun alasannya kuliah terlalu lama juga kurang bagus. Selain harus membayar uang kuliah, kita juga malu di depan teman-teman yang sudah lulus bahkan mendapatkan pekerjaan. Pikiran pusing membuat skripsi atau malas bimbingan itu harus dibuang jauh-jauh. Semua proses pasti akan selesai kalau kita bersungguh-sungguh. Dan akan indah pada waktunya nanti. Tetap semangat kakak-kakak dan teman-teman!!

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Beberapa Alasan Mahasiswa Kuliahnya Lama ! Rating: 5 Reviewed By: Nurhidayah Tanjung