Latest News
Wednesday 24 August 2016

Mari Kenali Gedung-Gedung Yang Ada di Universitas Bengkulu (Bagian 2)

Unibkita.com || Universitas Bengkulu direncanakan akan menjadi kampus kelas dunia pada tahun 2025, hal ini sesuai dengan Visi kampus yaitu "Menjadi World Class University Pada Tahun 2025" ini dicanangkan oleh Rektor Baru Universitas Bengkulu yaitu Bapak Dr. Ridwan Nurazi, S.E, M.Sc yang terpilih pada tahun 2013 yang akan berakhir pada tahun 2017.

Saat ini Pembangunan yang ada di Universitas Bengkulu baik secara infrastruktur maupun SDM selalu ditingkatkan, tidak terkecuali dengan gedung-gedung yang ada di Universitas Bengkulu yang kita ketahui bahwa UNIB pada tahun 2016 termasuk dalam 10 Kampus terhijau diindonesia.

Dan kami dari tim Unibkita.com dalam mensosialisasikan Universitas Bengkulu pada masyarakat luas secara umum dan mahasiswa UNIB sendiri tentang informasi gedung-gedung yang ada di UNIB, karena tak jarang ada beberapa dari mahasiswa yang hingga selesai kuliah tidak mengenal gedung-gedung yang ada di Universitas Bengkulu.

Sebelumnya kami sudah membuat artikel yang sama dengan judul " Mari Kenali Gedung-Gedung Yang Ada di Universitas Bengkulu (Bagian 1) " dan pada artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel yang bagian 1, artinya ini adalah bagian kedua dari artikel sebelumnya. mari kita ketahui bersama

6. Gedung Serba Guna (GSG)
Gedung Serba Guna
 Gedung Serba Guna (GSG) ini dipastikan semua mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Bengkulu pasti tahu dimana lokasinya dan bahkan seperti apa ruangan didalamnya. Hal ini dikarenakan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) selalu menggunakan gedung ini dan juga pada saat Wisuda dilaksanakan.

Gedung Serba Guna ini adalah Aula paling besar yang ada di Universitas Bengkulu, tentu ketika ada kegiatan mahasiswa yang besar atau butuh tempat untuk kapasitas yang memuat banyak orang, GSG ini adalah solusi dari acara tersebut.

Namun di GSG ini jika digunakan untuk acara-acara Seminar Nasional, Workshop, dan atau acara yang ada penyampaian materi tidaklah efektif untuk peserta. kita ketahui bahwasanya pada saat kita menjadi maba dan mengikuti PKK, sangat dipastikan kalau peserta yang diatas akan kesulitan mendengarkan materi yang disampaikan, apalagi mahasiswanya banyak ngobrol paasti semakin tidak memperhatikan. dan juga pada gedung ini panas mungkin karena keterbatasan kipas angis kali ya.

Tapi kita turut berbangga dengan kampus kita yang memiliki GSG ini karena nanti ketika wisuda kita tidak harus pinjam gedung diluar kampus yang biasanya akan ada biaya tambahan penyewaan gedung yang dibebankan oleh calon wisudawan.namun dikampus unib kita sudah ada GSG sehingga kita bisa menggunakannya pada saat acara-acara besar sepeerti PKK dan Wisuda.

Di Gedung Serba Guna ini terdapat kantor Bank Nasional Indonesia (BNI 46) yang bekerja sama dengan UNIB dalam pengelolaan UKT atau SPP dengan begitu mahasiswa dipermudah dengan adanya kantor BNI dikampus, artinya mahasiswa tidak perlu lagi antrian di BNI cabang yang ada di Simpanng 5.

Ada satu lagi sih informasi pada GSG ini bahwa pada hari sabtu atau minggu gedung ini sering dipinjam untuk digunakan acara pernikahan. mungkin sebagai alumni bisa murah bayar sewa nya jika ingin pelaksanaan resepsinya di GSG.


7. Gedung Lembaga Pengembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (LPTIK)
LPTIK UNIB
 Siapa yang tidak tahu dengan gedung unik satu ini, gedung yang terletak sangat mencolok jika kita masuk kampus melalui gerbang belakang. tepat pada dipersimpang 3, gedung yang digunakan oleh Lembaga Pengembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (LPTIK) ini adalah salah satu tempat tongkrongan yang rame pada siang dan malam, hal ini dikarenakan adalah gedung ini merupakan basis internet yang ada di Universitas Bengkulu, jelasnya adalah disini kalo internetan lebih cepat :) .

Pada malam hari gedung ini selalu rame mahasiswa yang sedang mencari tugas, atau mencari artikel-artikel untuk bahan kuliah, atau memang ingin berselancar di media sosial. digedung ini juga menyediakan komputer yang bisa digunakan oleh mahasiswa jika belum memiliki laptop untuk mengetik tugas atau internetan, dari pada ke warnet  ya mendingan kesini mumpung gratis.

Taman yang berada di gedung ini juga salah satu taman yang indah di Universitas Bengkulu, taman yang berbentuk lingkar seperti tempat untuk penampilan kreativitas karena posisi panggungnya dibawah dan tempat duduknya melingkar berjejer keatas.


8. Gedung Kuliah Bersama III (GKB III) 
GB III
Gedung Kuliah Bersama (GKB III) ini adalah salah satu gedung yang digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar. saat ini di Universitas Bengkulu ada GKB 1 hingga 5 yang nanti akan dijelaskan ya. 

GKB III ini sering disebut dengan GB III mungkin untuk lebih singkat aja. Gedung ini digunakan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), jadi gedung inilah yang mencetak para bapak-bapak dan ibu guru yang akan mencetak generasi yang berpendidikan, duh serius banget yak !! heee. yah begitulah pokoknya.

Gedung GB III ini menyatu dengan GB IV yang berada tepat dibelakang GB III. sebelum adanya GB V, mahasiswa dari Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) melaksanakan belajar mengajarnya menggunakan GB IV, namun mahasiswa FMIPA sekarang sudah pindah ke GB V dan penggunaan gedung GB IV saat ini adalah mahasiswa FKIP, artinya GB III dan GB IV merupakan gedung kuliah mahasiswa FKIP.


9. Gedung Laboratarium FKIP 
Lab FKIP
 Nah, kalo gedung satu ini adalah gedung baru untuk FKIP dan menurut saya adalah salah satu gedung yang arsitekturnya sudah terlihat modern, bener nggak ? :) . Gedung ini adalah salah satu gedung yang dimiliki oleh FKIP yang diperuntukkan untuk Laboratarium.

 Mungkin saya agak susah memberikan informasi real dari gedung ini karena saya masuk aja belum pernah, yang saya tahu adalah bahwa gedung ini sempat menjadi tempat hits pada mahasiswa UNIB yang digunakan untuk foto-foto. mungkin jika kalian ada lihat foto anak unib dengan background bebatuan warna hitam, nah itu pasti digedung ini.


10. Gedung Kuliah Bersama (GKB V)
GB V
 
 Gedung ini adalah salah satu gedung yang baru selesai dibangun dan saat ini digunakan untuk tempat belajar mengajar oleh Fakultas Teknik dan MIPA yang pada sebelumnya mahasiswa FT kuliah di GB 2 dan FMIPA di GB 4. Gedung ini memiliki fasilitas yang sudah baik dibanding dengan GB 1, 2, dan 3 karena contoh kecil saja seperti kursi untuk duduk pada saat perkuliahan saja sudah menggunakan kursi yang terbuat dari stanless atau besi yang bisa dilipat dan tentu dudukannya empuk, berbeda dengan GB 1, 2 dan 3 yang masih menggunakan kursi kayu. :) syukuri aja teman.

Jika teman-teman perhatikan gedung GB V ini bisa dilihat ada sisi kiri dan kanannya yang belahi oleh pintu masuk pada gedung ini, nah dari sepengetahuan saya bahwa penggunaan gedung ini untuk sebelah kiri sesuai dengan foto diatas adalah digunakan oleh mahasiswa FMIPA dan sebelah kanan digunakan oleh mahasiswa FT.






Terimakasih teman-teman yang sudah baca artikel ini, mungkin artikel ini bisa sampai bagian 10 karena masih bannyak gedung di Universitas Bengkulu yang belum ter Explore. tentu saya buat artikel ini adalah ingin memberikan informasi tentang gedung-gedung yang ada di UNIB dan seperti apa fungsinya, karena banyak juga mahasiswa yang sampai selesai kuliah tidak kenal dengan gedung-gedung yang ada di UNIB.

Silahkan untuk teman-teman share tulisan ini biar bisa diketahui oleh semua orang dan biar orang-orang pada tahu tentang kampus UNIB kita yang tercinta ini. #BanggaJadiMahasiswaUNIB


Penulis : Juanda, S.IP
Direktur Utama Unibkita.com
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mari Kenali Gedung-Gedung Yang Ada di Universitas Bengkulu (Bagian 2) Rating: 5 Reviewed By: Unibkita