Latest News
Sunday 4 September 2016

5 Tips Kuliah Tahun Pertama: Transisi dari SMA Ke Dunia Kampus



Unibkita.com|| Taraa!! Akhirnya waktu yang ditunggu datang juga. Tahun ajaran baru sudah dimulai, buat teman-teman yang kini statusnya “Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu” inilah fase hidup kalian sebagai “Mahasiswa”. Kehidupan kampus tentu berbeda dengan masa putih abu-abu, kita yang sudah bergelar “Mahasiswa” dituntut untuk aktif, cermat, mandiri, bisa bergaul dengan siapa saja  dan terakhir pandai memotivasi diri sendiri.
Yuk simak beberapa tips agar teman-teman mahasiswa baru bisa menjalanai masa perkuliahan dengan nyaman dan baik.

1. Rajin masuk kelas

Masa SMA dengan Kuliah sangat beda lho teman, saat kuliah nggak akan ada yang maksa atau bahkan ingetin kamu untuk masuk kelas (kecuali yang punya teman yang memang peduli, hehehe). Kalau Bolos nggak akan ada yang pedulu, karena risiko ditanggung sendiri. Yang buat enak lagi materi kuliah pun bisa didapat di textbook atau fotokopian. Kalau urusan catat-mencatat, bisa pinjam teman hehe. 
Gimana bikin tergoda nggak untuk nggak masuk kuliah?..
Eitss, tahan godaan tersebut. Tetap rajin masuk kelas karena pertama, mayoritas mata kuliah sangat mementingkan absensi, dan tanda tangan nggak bisa dititip! Apalagi pas mendapatkan Dosen yang Killer. Kedua, hampir selalu ada hal yang didapatkan bagi yang Rajin seperti bocoran kisi-kisi ujian, pembagian kelompok belajar, atau pengarahan langsung  dari Dosen tentang tugas. Ingat, jangan mengandalkan teman untuk info-info kuliah sampingan begini.

2. Tolong jangan jadi mahasiswa kupu-kupu. Saatnya mengeksplorasi bakat dan minat.

Kuliah  adalah saat yang tepat untuk kamu yang ingin mengeksplor minat dan bakat. Kalau di SMA dulu teman-teman ikut ekstrakurikuler tertentu, sekarang teman bisa lho melanjutkan minatnya dengan join ke Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Bengkulu maupun ditingkat Fakultas masing-masing. Dengan bergabung dalam organisasi, teman-teman dapat mengasah jiwa kepemimpinan dan belajar untuk mengorganisir kegiatan kampus.

3. Akrab dengan semua orang

Akrab tidak hanya dengan kakak tingkat ya, Semua teman-teman yang berbeda jurusan juga harus akrab. Jangan membatasi diri! Semakin banyak teman-teman kita, maka semakin banyak Informan kita kalau kita lagi butuh sesuatu. Dunia ini luas coy  jangan hanya hebat dikandang, mari mengenalkan Fakultas masing-masing. Buktikan kalau kita bangga ngampus di fakultas masing-masing.


4. Akrab dengan Dosen
Dosen lebih menghargai mahasiswa yang aktif. Samperin Dosen saat mereka lagi santai, terus kalian bisa tanyakan soal mata kuliah, atau minta rekomendasi bacaan yang bisa bantu teman-teman memahami materi. Mulai sekarang sering-seringlah mampir ke markasnya Dosen (Dekanat).

5. Jalan-jalan
Dihari pertama kuliah, jelajahi seluruh kawasan Universitas Bengkulu. Cari tahu lokasi dan sistem fasilitas yang mendukung perkuliahan, seperti perpustakaan, kantin, tempat ibadah, rektorat, PKM, dan masih banyak lainnya. Walaupun gelarnya mahasiswa baru, jangan segan-segan mengeksplor kampus UNIB dan ingat jangan malu-malu ya hehehe.

Gimana teman-teman apa sudah dapet pencerahan, hehehe semoga aja ya. Selamat menempuh perkuliahan ya bagi mahasiswa baru UNIB 2016. Jangan bingung, jangan risau! Enjoy aja.  Pesannya segera temukan bakat dan minat teman-teman, karena kalau sudah menemukan dijamin bakal nambah semangat Kuliahnya dan Ingat jadilah mahasiswa yang proaktif and go get that knowledge! [smst]


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Tips Kuliah Tahun Pertama: Transisi dari SMA Ke Dunia Kampus Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah