Latest News
Saturday 30 March 2019

Gagal di SNMPTN? Tenang, masih Ada SBMPTN!

UnibKita.com || Hai sobat UK, pengumuman SNMPTN sudah diumumkan, dan kalau kamu menemukan artikel ini dari hasil keyword (motivasi tidak lulus SNMPTN) fix, berarti kalian gak lolos SNMPTN.

memegen

Tapi tenang, UK selalu punya solusi. Memang untuk lulus SNMPTN tidak hanya indeks prestasi kamu saja yang akan jadi pertimbangan. Namun selain itu ada banyak banget pertimbangan lain seperti indeks sekolah, prestasi sekolah, bahkan sampai sejarah alumni sekolah pun diperhitungkan. Singkatnya, kamu sudah pasti lolos hanya jika sekolahmu dan kamu pastinya berada ditingkat yang bagus dan baik. (eh)

Itulah sebenarnya yang bikin kalian para peserta SNMPTN gak lulus sob, karena syarat kelulusannya tidak hanya berdasarkan faktor pribadi kamu, tapi juga faktor eksternal lingkungan sekolah.

Tapi apapun hasilnya, kamu harus percaya kalau itu adalah yang terbaik ya, setidaknya kamu sudah mau berusaha. Lulus atau nggak lulus, pasti akan selalu ada rencana indah di balik itu semua, jadi harus tetep semangat dong. 

Buat kalian nih yang nggak lulus SNMPTN tenang, masih banyak jalan menuju Bengkulu eh Roma maksudnya, hohooo

primaradio.co.id

Setelah SNMPTN berlalu masih ada lagi jalur lain untuk masuk ke PTN yaitu jalur tes atau SBMPTN. Jalur SBMPTN ini dikenal sebagai jalur yang persaingannya sangat ketat, gimana enggak, bisa jadi jurusan yang kamu pilih itu diikuti oleh hampir siswa dari seluruh Indonesia lo yang ikut bertarung untuk 1 kursi yang juga kalian pengen. Kali ini kita akan bahas semua hal tentang SBMPTN, so let's get start it!


Apasih Bedanya SBMPTN dengan SNMPTN

1. Harus Belajar

Di jalur SB ini kamu akan mengikuti rangkaian tes masuk yang memang merupakan syarat utamanya. Nilai rapor kamu nggak akan digeledahin lagi, jadi yang menentukan kelulusan kamu adalah nilai  murni hasil tes yang kamu kerjakan saat proses seleksi nanti.  Artinya, nilai raport dan nama sekolah gak jadi kepentingan dan masalah besar lagi oleh pihak panitia di masing-masing Universitas. Jadi di Jalur SBMPTN ini kalian wajib harus belajar yang bener ya sob.


2. Membutuhkan Biaya Pendaftaran

Berbeda dengan SNMPTN yang pendaftarannya gratis. Di SBMPTN nanti kalian di haruskan untuk membayar biaya pendaftaran untuk mengikuti tes sob. Namun, SBMPTN juga bisa gratis, tapi dengan catatan jika kalian adalah siswa yang direkomendasikan sekolah untuk mendapatkan Beasiswa BIDIKMISI sob, selain itu keuntungan lain jika kalian lolos dan terbukti layak mendapatkan BIDIKMISI uang kuliah dan biaya hidup kalian selama 4 tahun akan di tanggung oleh DIKTI sob, mantep kan.

@unibkita

3.Jumlah Kuota

Masalah kuota juga menjadi perbedaan. Biasanya perguruan tinggi negri memberikan kuota minimal 30% untuk peserta SBMPTN. Sedangkan untuk peserta SNMPTN biasanya lebih besar, yakni 40%.  
Namun, Sedikit bocoran untuk Universitas Bengkulu sendiri, tahun ini akan menerima total sekitar 5.200 mahasiswa baru dari berbagai jalur masuk, yang 50% nya merupakan mahasiswa baru dari jalur SBMPTN, konfirmasinya Universitas Bengkulu membuka kuota sebanyak 2.103 mahasiswa baru dari jalur tes SBMPTN 2019..


4.Bisa Diikuti Oleh Alumni

SBMPTN ini juga masih bisa diikuti oleh alumni (maksimal 3 tahun setelah lulus SMA). Beda dengan SNMPTN yang hanya bisa diikuti oleh siswa yang akan lulus di tahun itu. Jadi nih kalau misalnya lulus sekolah kamu ingin kerja, membuka usaha, atau travelling keliling Indonesia, kamu tetep masih bisa mengikuti mendaftar SBMPTN tapi dengan catatan maksimal 3 tahun setelah lulus sekolah ya sob.
Jangan lupa kalau travelling sambil belajar ya sob hehe..


5. Sistem penilaian

Berbicara soal penilaian.. gak ribet!
Jadi kamu akan disuguhi soal dalam waktu yang telah ditentukan, dengan ketentuan poin yaitu:
– Jawaban benar x 4 poin
– Jawaban salah – 1 poin
– Jawaban kosong 0 poin
Jadi di SBMPTN ini, kalian akan bisa menghitung sendiri nilainya, kalau kalian asal-asalan dalam menjawab dan ternyata salah, poin akan dikurangkan satu. Lebih baik nggak menjawab sama sekali kalau nggak yakin karena poin nggak akan dikurangkan.
Sederhananya gini, jawab aja yang bisa dijawab! dan kalau misalnya ragu gak bisa jawab ya mending gak usah di jawab, alihin ke soal lain yang kalian yakin jawabannya. "ini strategi dari penulis ketika mengerjakan soal SBMPTN 2 tahun lalu sob hehe"  namun semua tergantung pada diri sendiri, silahkan bereksperimen, sesuai kepercayaan (loh).

Kalau di UN kamu mengerjakan soal sambil merem, tapi kalau di SBMPTN gak akan bisa lagi, kamu harus bener2 pakai mode full consentrations sob, karena setiap langkah, gerak, maupun kedipan yang terlewatkan menentukan masa depan kamu, jadi please gunain waktu mengerjakan soal dengan maksimal ya sob, agar gak ada penyesalan karena buang-buang waktu.

Baca Juga : WOW, Mahasiswa UNIB Berhasil Meraih Juara 2 dalam Stand Up Comedy Competion.

Itulah mengapa kalian harus mempersiapkan SBMPTN secara spesial dan dengan maksimal. Intinya percaya saja bahwa usaha itu tidak akan pernah mengkhianati hasil dan begitupun sebaliknya. Tuhan bakalan memberi apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. Semangat untuk kalian sedang berjuang.
 (ARDAN)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gagal di SNMPTN? Tenang, masih Ada SBMPTN! Rating: 5 Reviewed By: Ardan