Latest News
Friday 10 May 2019

Kesejahteraan Sosial UNIB Adakan Layanan Psikososial Bagi Anak-anak Korban Banjir Kota Bengkulu

UnibKita.Com || 09/05/2019  Sejumlah Mahasiswa dari Hima Kesejahteraan Sosial FISIP UNIB berkolaborasi dengan Satuan Pekerja Sosial Anak (SAKTI PEKSOS) kKementerian RI Provinsi Bengkulu untuk melakukan kegiatan Trauma Healing pada anak-anak korban banjir yang berlokasi di Tanjung Agung daerah kawasan sungai Serut (Kota Bengkulu).

Kegiatan trauma healing ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan oleh himpunan mahasiswa kesejahteraan sosial dalam menanggapi bencana alam yang baru saja terjadi di Provinsi Bengkulu. Kegiatan partisipasi yang semoga bermanfaat untuk anak-anak korban banjir yang mengalami trauma.
Sejumlah mahasiswa dari kesejahteraan sosial diperkuat dengan tiga orang petugas dari pekerja dinas Sosial Provinsi Bengkulu.  

Anak-anak sangat antusias dengan adanya kegiatan trauma healing, terbukti total 57 anak yang mengikuti kegiatan tersebut dan mampu menikmati materi yang dibawa oleh para volunteer.

Tim pekerja sosial berharap dengan adanya kegiatan trauma healing bagi anak korban banjir ini semoga dapat menghibur, agar anak-anak tidak lagi merasakan trauma atas musibah banjir yang pekan lalu melanda sejumlah wilayah yang ada di provinsi Bengkulu. 
potret anak-anak yang sangat atusias

Sesuai namanya, acara ini adalah "layanan dukungan psikososial bagi anak"  yang dilakukan oleh para mahasiswa dan pekerja sosial betujuan dengan adanya layanan ini diharapkan dapat mengurangi kecemasan, serta kekhawaritan akibat bencana, sehingga tidak berpengaruh negatif terhadap perilaku sosial atau interaksi sosial anak-anak.  

 Anak-anak kembali ceria orang tua pun hilang kekhawatiran
Anak-anak dalam kegiatan ini dilibatkan secara penuh dalam berbagai macam aktivitas yang pada intinya membuat mereka gembira, mengurangi trauma, dan diajak beraktivitas yang bersifat edukatif dan kreatif seperti membuat origami dan bernyanyi. 
Dengan menghibur anak-anak, kegiatan dilakukan secara terstruktur, terencana dan terjadwal. Penanganan terhadap anak terorganisasikan dengan baik. Dari mulai jadwal, klaster berdasarkan usia, dan jenis kegiatan.  setelah acara ditutup, para peksos memberikan bingkisan berupa makanan ringan kepada anak-anak tersebut.

Rencananya, kegiatan ini akan terus dilanjutkan mengingat masih ada beberpa titik di posko bencana alam yang belum dikunjungi oleh para peksos. Tim berharap, semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung tanpa hambatan yang berarti. 

“Seperti yang kita tahu, bahwa selain bantuan bencana berupa sembako dan pakaian layak pakai, bantuan terapi untuk menyentuh sisi psikologis dan sisi psikis para korban terutama anak-anak suatu bencana tidak boleh terabaikan"


Untuk kalian, adik-adik yang selama ini menjadi korban dari bencana alam: "Kalian harus tumbuh dan jadilah kuat. Percayalah bahwa kalian tidak sendiri menghadapi musibah banjir ini, ada kakak-kakakmu disini yang senantiasa perduli"

Berbicara tentang trauma healling, ini kata ibu “Rena Yulia”(dosen untirta), "dalam suatu bencana, selain wujud kepedulian terhadap korban, turun lapangan seharusnya juga menjadi tugas kaum akademisi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. 
 
Memang benar, kegiatan ini juga menjadi salah satu tanggung jawab mahasiswa sebagai kaum akademisi dalam mewujudkan tri darma perguruan tinggi, mengajak kita untuk berperan aktif dalam pengabdian masyarakat.
(Ardan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kesejahteraan Sosial UNIB Adakan Layanan Psikososial Bagi Anak-anak Korban Banjir Kota Bengkulu Rating: 5 Reviewed By: Ardan