Latest News
Wednesday 4 April 2018

Harapan Hidup Bagi Penderita Kusta di Dusun Nganget


Unibkita|| Penyakit Leprosy atau dalam bahasa Indonesia disebut Kusta merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf tepi yang disebabkan oleh bakteri Mycrobaterium Leprae. Pada tahun 2013, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan Brazil dengan jumlah kasus kusta sebanyak 16.856 kasus dan jumlah kecacatan tingkat 2 diantara orang yang sedang mengalami kusta baru sebanyak 9,86 %. Dengan jumlah kasus yang sangat tinggi ini tentu memiliki pengaruh. Fakta yang terjadi dilapangan, penderita kusta ataupun yang pernah menderita kusta kerap mendapat diskriminasi dari orang-orang disekitar. Mereka mengalami kesulitan mencari pekerjaan bahkan pendidikan yang kurang. Hal inilah yang membuat Komunitas Leprosy Care Community Indonesia (LCCI) mencoba menumbuhkan kepercayaan diri mereka kembali dengan cara mengadakan workcamp didaerah tempat tinggal bagi mereka yang pernah mengalami kusta.


LCCI sendiri merupakan komunitas non-profit yang dibentuk oleh Yuta Takashima. Tujuan komunitas ini adalah untuk menghimpun mahasiswa di Indonesia untuk membantu mengurangi diskriminasi terhadap orang yang pernah mengalami kusta. Tahun ini, LCCI menggunakan tagline The 9th Nganget International Work Camp dengan tema utama yaitu “Make Dreams Come True”. Kegiatan sosial ini akan terselenggara pada 6-20 Agustus 2018.  

Untuk merealisasikan kegiatan yang rutin tiap tahun ini, LLCI membuka recruitment bagi siapa saja yang ingin menjadi Volunteer. Siapapun mahasiswa dari Perguruan Tingi di Indonesia bisa mengikutinya. Tentunya dengan bersedia berinteraksi dengan orang yang pernah mengalami kusta selama 2 Minggu, berkomitmen untuk mengikuti acara workcamp pada 6-20 Agustus 2018 dan bersedia mengikuti rangkaian acara NIWC. Adapun cara pendaftaran yaitu sebagai berikut:
1. Mengisi formulir registrasi online (bit.ly/NIWC2018)
2. Mendownload  form CV, Esai, dan Surat izin (bit.ly/NIWC2018FORM)
3. Mengirim CV, Esai, Scan/Foto Surat Izin,  dan Foto diri ke Email: indonesia.lcc@gmail.com 
cc: hidayatulfika76@gmail.com
4. Melakukan Konfirmasi pendaftaran dengan mengirimkan pesan ke 0852-4317-1231 a.n Fika
dengan format: NIWC2018_Nama Lengkap_Universitas_Fakultas_Angkatan 

Deadline pengiriman berkas: Minggu, 8 April 2018 ( 23.55 WIB )

Kegiatan workcamp yang dilaksanakan berupa kegiatan work dan home visit. Mereka nantinya akan merumuskan sebuah proyek yang mereka selesaikan ketika dilokasi workcamp dalam hal ini Dusun Nganget, Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang menjadi pilihan. Mereka juga akan mengadakan pembangunan fasilitas yang dapat membantu kesejahteraan hidup bagi mereka yang menderita atau pernah mengalami kusta. Tidak hanya itu, mereka juga telah mengatur waktu untuk berkunjung ke tempat tinggal mereka yang menderita atau pernah menderita kusta dengan tujuan tali silaturahmi terjalin dengan baik. Setelah selesai workcamp dilaksanakan, LCCI akan mengadakan exhibition yang bertujuan untuk mempresentasikan kegiatan selama workcamp berlangsung kepada mahasiswa dan masyarakat umum.


Diharapkan setelah terlaksananya kegiatan ini, berbagai pihak yang terlibat seperti Pemerintah Dinas Sosial, Sasakawa Memorial Health Foundation, stakeholder, mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Jepang (anggota Friends International Work Camp Committee) dapat mengurangi diskriminasi atau stigma terhadap orang yang pernah mengalami kusta.

[smst]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Harapan Hidup Bagi Penderita Kusta di Dusun Nganget Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah