Latest News
Tuesday 21 February 2017

9 Situs Wajib Untuk Mahasiswa Pencinta Freelance

Ilustrasi
UnibKita.com || Mengambil pekerjaan freelance bagi mahasiswa kini seakan menjadi lifestyle baru. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai dampak dari persaingan yang semakin tidak ada batasnya antara mahasiswa maupun yang sudah berstatus pekerja. Namun hal tersebut tentu saja harus disikapi secara positif sehingga setiap individu dapat bersaing secara sehat.

Bagi seorang mahasiswa, mengasah skill profesional sejak awal akan sangat berguna untuk jenjang karier ke depannya, sebab, ketika seorang mahasiswa menyelesaikan kuliahnya, pengalaman serta berbagai portofolio akan membuat lebih menonjol sebagai seorang fresh graduate. Sehingga peluang sebagai freelancer sering dipilih banyak mahasiswa untuk masuk ke dunia profesional sejak dini.

Peluang pekerjaan freelance bisa dikatakan bagaikan simbiosis mutualisme. Bagaimana tidak, menggunakan tenaga freelancer kini juga sedang marak di berbagai industri dengan pertimbangan efisiensi budget. Di sisi lain para mahasiswa ini akan senang bagaikan menerima durian runtuh jika dapat mengerjakan berbagai projek dari perusahaan besar. Tentu saja akan menambah daya tarik di CV dan daftar portofolionya.

Seiring kemajuan zaman yang semakin pesat, peluang tersebut juga banyak diperhatikan oleh para developer dan pebisnis berlatar belakang teknologi. Banyak startup yang berfungsi sebagai platform yang menyediakan layanan untuk para mahasiswa hobi freelance untuk semakin mudah mendapatkan berbagai projek menarik.

Setidaknya ada sembilan situs yang seakan-akan menjadi langganan para mahasiswa hobi freelance. Sepuluh situs ini menyediakan berbagai pekerjaan freelance sekaligus menghubungkan pihak perusahaan dan para freelance hunter di berbagai kota sesuai background industri masing-masing pekerjaan. Kesembilan situs tersebut antara lain adalah:

1. GuruPrivat

Situs ini cocok bagi yang punya hobi sharing dan mengajar. GuruPrivat sangat cocok bagi mahasiswa dari background pendidikan untuk sejak dini mengasah kemampuan dan pengalaman mengajar sekaligus dapat pemasukan tambahan setiap bulannya.

2. Upwork

Platform ini cocok untuk yang mempunyai skill untuk industri kekinian. Berbagai skill mulai dari developer web, developer mobile, penulis, sales dan marketing, customer service, hingga konsultan profesional. Dengan bervariasinya skill yang dibutuhkan, Upwork mampu memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan banyak projek baik jangka panjang maupun jangka pendek.

3. Freelance Writing Gigs

Freelance Writing Gigs merupakan tempat bersaingnya para mahasiswa yang punya hobi menulis atau bercita-cita menjadi seorang penulis. Mulai dari editor, blogger, penulis, sampai dengan penerbit akan secara real time memberikan brief tulisan yang membuat kamu tambah semangat untuk berkompetisi.

4. 99Designs

Bagi kamu yang menekuni dunia desain, kemungkinan familier dengan situs yang satu ini. Kompetisi para desainer handal secara nyata tersaji di 99Designs karena setiap kliennya akan secara cepat memberikan umpan revisi terhadap setiap request desain logo.

5. Demand Media

Demand Media merupakan platform bagi para manusia kreatif mulai dari fotografer, desainer, penulis, hingga sutradara film. Jika kamu tertantang untuk bekerja secara freelance di beberapa perusahaan untuk membuat konten kreatif, situs ini adalah salah satu alternatifnya.

6. College Recruiter

Kalau situs satu ini secara spesifik cocok buat kamu yang akan dan baru lulus kuliah. Platform ini menyediakan fitur agar kamu bisa mengunggah berbagai portofolio demi memudahkan proses mencari dan mendapatkan projek pekerjaan yang semakin tinggi.

7. iFreelance

Situs ini hampir mirip dengan kebanyakan situs untuk para freelance pada umumnya. Namun yang membuatnya berbeda adalah kamu dapat seratus persen menikmati hasil dari setiap projek yang berhasil kamu dapatkan tanpa adanya pajak.

8. Project4Hire

Platform ini menyediakan banyak kategori pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi kemampuan calon pelamar. Semakin spesifik deskripsi tentang kemampuan kamu maka akan semakin mudah perusahaan menemukan kamu untuk projek mereka.

9. Toptal

Situs ini hanya untuk kamu yang yakin kalau kemampuanmu dapat bersaing secara profesional dengan ratusan freelancer lainnya di sini. Sebab Toptal memberlakukan seleksi untuk setiap pendaftar. Namun bila kamu lolos, brand sekelas Airbnb bisa saja mengontrak kamu.

Source: id[dot]techinasia[dot]com
Diteruskan oleh: Informasi Lomba
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 9 Situs Wajib Untuk Mahasiswa Pencinta Freelance Rating: 5 Reviewed By: Nurhidayah Tanjung