Latest News
Wednesday 18 January 2017

Mahasiswa Poltekkes Provinsi Bengkulu Resmi Menjadi Mahasiswa UNIB

Pelepasan alamamter mahasiswa Poltekkes oleh Rektor UNIB (HUMAS UNIB www.unib.ac.id)

UnibKita.com || Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2015 yang menyebutkan bahwa pemerintah daerah tidak boleh menyelenggarakan pendidikan tinggi, maka Poltekkes Pemerintah Provinsi Bengkulu Pada Selasa (17/01) resmi dibawah naungan kampus Universitas Bengkulu yang dilakukan pelepasan alamamater Poltekkes dengan memakai almamater UNIB yang dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Bengkulu  Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc. 

Perubahan status ini maka mahasiswa  dari Politeknik Kesehatan Provinsi Bengkulu telah resmi menjadi mahasiswa UNIB di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Bengkulu sehingga Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) nantinya akan direkrut melalui Unib.

Pemerintah Provinsi Bengkulu tidak mau ambil resiko terkait tak kunjung keluarnya izin penyelenggaran pendidikan di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Provinsi Bengkulu. Setelah berjuang sejak beberapa tahun lalu, bahkan Ombudsman pusat juga ikut turun tangan agar Poltekkes tersebut mendapatkan izin dari Menristek dan Dikti, namun belum membuahkan hasil membuat Pemprov menyerahkan Poltekkes itu ke Universitas Bengkulu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Drs. H. Amin Kurnia, SKM, M.Kes mengatakan “ Penyerahan Poltekkes tersebut ke Unib juga berdasarkan Undang Undang RI nomor 23 Tahun 2015 yang menyebutkan bahwa pemerintah daerah tidak boleh menyelenggarakan pendidikan tinggi.

Dalam Undang-Undang itu juga disebutkan, setidaknya ada 3 opsi bagi pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Pertama, diserahkan ke Kemenristek dan Dikti, kedua, diserahkan ke Kementerian Kesehatan dan ketiga, harus diserahkan ke yayasan. Penyerahan aset dan pengelolaan poltekkes ini tidak lain sesuai dengan aturan. .

Pihaknya berharap dengan diserahkan ke Unib, maka akan lebih maju. Kemudian prestasi mahasiswa tamatan Poltekkes yang akan bergabung dengan Prodi Kedokteran bisa lebih berpotensi.Artinya mahasiswa yang setelah tamat langsung memiliki skil dan kemampuan untuk ditempatkan dimana saja.
‘’Nanti walaupun sudah diserahkan masih akan disubsidi pemda atau tidak itu ada di Gubernur,’’ terangnya.
Kami keluarga besar UNIBKITA mengucapkan selamat bergabung dan menjadi bagian dari Universitas Bengkulu  untuk Politeknik Kesehatan Provinsi Bengkulu menjadi fakultas kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mahasiswa Poltekkes Provinsi Bengkulu Resmi Menjadi Mahasiswa UNIB Rating: 5 Reviewed By: pujisukma