Latest News
Wednesday 17 October 2018

Sukses Hadirkan LKTI Dalam Rangkaian Acara Sociology Fair 2018


Foto bersama juri dan peserta LKTI Sociology Fair 2018


Unibkita.com || Rabu 17 Oktober 2018 bertempat di lantai dasar Gedung Pasca Sarjana FISIP UNIB telah berlangsung agenda Presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Se-Provinsi Bengkulu, yang merupakan rangkaian agenda Sociology Fair 2018. Agenda yang di prakarsai oleh jurusan sosiologi yang bekerjasama dengan HIMASOS ini telah mengambil tiga tema besar. Tema LKTI ini yaitu Korupsi, Radikalisme dan Pemilu.

Selain itu jumlah peserta yang berhasil mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah pada ajang ini berjumlah 8 peserta (Kelompok dan perorangan) setelah sebelumnya telah melalui proses penilaian dan kualifikasi.

Latar belakang dari diangkatnya agenda ini sendiri yaitu berangkat dari Filososfi  Script Magnet Verba Volant yang makna nya “apa yang tertulis akan abadi, apa yang terucap hanya akan berlalu Bersama angin”. Oleh karenanya, upaya menulis menjadi sarana dalam memahami perunbahan sosial yang telah berkembang, Isu atau tema yang diangkat yakni Korupsi, Radikalisme dan Pemilu merupakan isu kekinian yang menyedot perhatian banyak orang. Dengan demikian, LKTI ini merupakan upaya dalam membuka wawasan peserta dan melati kepekaan melihat realitas serta meningkatkan kapasitas berpikir peserta dalam menuangkan berbagai ide dan pandangannya terkait tema kedalam tulisan, baik melalui penelitian maupun kajian, untuk berkontribusi dalam upaya pencarian solusi  dan pemecahan masalah sosial yang terjadi saat ini.

Tujuan LKTI ini sendiri yaitu untuk memberikan ruang kepada mahasiswa dalam mengasah kepekaan sosial untuk dituangkan ke dalam tulisan, meningkatkan kesadaran, daya piker kritis serta kepekaan sosial, bagi peserta dalam menangkap isu sosial dan permasalan sosial yang relevan, mendistribusikan informasi terkait berbagai permasalahan sosial yang dapat dikaji dan diteliti oleh mahasiswa, sertamemberikan ruang dalam menyampaikan ide serta gagasan mengenai beragam persoalan sosial yang berkembang.

Dikonfirmasi melalui panitia penyelenggara, Pemenang Lomba LKTI ini akan diumumkan pada 22 oktober 2018 bersamaan dengan Puncak Sociology Fair 2018, diketahui hadiah LKTI ini berupa Piala dan piagam beserta uang pembinaan Rp. 1.500.000 untuk pemenang pertama, Piala dan piagama beserta uang pembinaan Rp. 1.000.000 untuk pemenang kedua serta piala dan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp.750.000 besarta piagam partisipasi untuk semua peserta.
Rangkaian agenda Sociology Fair sendiri akan terus berlanjut setelah sebelumnya ada Workshop Jurusan Sosiologi dengan tema “Kajian Isu Sosial Strategis” setelahnya lomba LKTI yang telah dihelat pada hari ini sampai agenda puncak pada 22 Oktober 2018 nanti dengan rangkaian agenda peresmian IKAL Sosiologi, Bazzar dan pameran fotografi. (MS)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sukses Hadirkan LKTI Dalam Rangkaian Acara Sociology Fair 2018 Rating: 5 Reviewed By: Unknown