Latest News
Monday 29 October 2018

90 Tahun Sumpah Pemuda, BEM KBM UNIB Prakarsai aksi #TolakPLTUBatuBara


Aliansi Aksi Tolak PLTU Batu Bara Teluk Sepang (sorce : Menteri Polkastrat BEM KBM UNIB)

Unibkita.com || Momentum 90 Tahun Sumpah pemuda menjadi titik balik terciptanya Aliansi Aksi Tolak  PLTU Batu Bara Teluk Sepang. Diprakarsai oleh Kementerian Polkastrat BEM KBM UNIB, aksi ini merupakan bagian dari aksi Nasional dalam peringatan 90 Tahun Sumpah Pemuda pada 28 Oktober lalu. Salah satu tuntutan dalam aksi Nasional peringatan 90 tahun momentum sumpah pemuda oleh BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia) ini yaitu terciptanya Kedaulatan Lingkungan. Isu lingkungan dianggap seringkali absen dalam agenda-agenda yang dibawa oleh politis, kepala daerah atau pejabat pemerintahan lainnya sehingga seringkali dikesampingkan dan memiliki prioritas yang rendah.


Dari Salah satu Isu Lingkungan yang belum berdaulat inilah, Aksi Peringatan 90 tahun Sumpah Pemuda di Provinsi Bengkulu terwujud dalam  aliansi aksi tolak PLTU Batu Bara Teluk Sepang yang dimotor utamai oleh BEM KBM UNIB. Sebelum melakukan aksi tolak PLTU Batu Bara Teluk Sepang, BEM KBM UNIB sendiri telah melakukan kajian terlebih dahulu. Agenda kajian ini dinamai “Energy Camp” yang berlangsung selama 3 hari 2 malam di Teluk Sepang Bersama masyarakat dengan konsep ”Berkumpul-Belajar-Berlawan”.


Aksi yang digelar di kantor Gubernur Provinsi Bengkulu ini dilandasi karena Penggunaan listrik batu bara melalui proyek-proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara secara nyata memperburuk kualitas hidup dan mengancam nyawa masyarakat di sekitar Proyek PLTU di  Teluk Sepang. Dari data yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan pemerintah saat ini semakin masif mendirikan  PLTU Batu Bara di seluruh Indonesia khususnya pulau Sumatera sebagai pusat pembangkit listrik berbahan bakar batu bara dimana 7.004 MW listrik dari PLTU batu bara akan ditambah melalui program ambisius penambahan daya 35.000 MW daya listrik. Salah satu proyek ini berdiri di Bengkulu dengan Kapasitas 2 x 100 MW di Teluk Sepang.
 
Massa aksi saat menyampaikan tuntutan di depan Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu (Source : Menteri PP BEM KBM UNIB)

Koordinator aksi Jhon Kenedi yang sekaligus Menteri Dalam Negeri BEM KBM UNIB menyatakan bahwa aksi ini adalah rangkaian panjang untuk melakukan penolakan PLTU Batu bara Teluk Sepang dengan tuntutan berupa dicabutnya izin lingkungan PT. Tenaga Listrik Bengkulu oleh Plt. Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah. Disampaikannya juga, dasar pencabutan izin adalah adanya beberapa kejanggalan dalam proses pemberian izin PLTU, termasuk persetujuan warga yang sejak awal menolak proyek ini.



Namun sayangnya Plt.Gubernur sedang tidak ada di tempat, dan hanya diwakili oleh asisten 2 Plt.Gubernur. Aksi dilakukan dengan penyampaian orasi teatrikal, dan serta penyampaian tuntutan oleh massa aksi di depan kantor Gubernur. Massa aksi terdiri dari BEM KBM UNIB, DEMA IAIN BENGKULU, FMS , HIMASYLVA UNIB, KANOPI BENGKULU, MAGUPALA UNIB, PKL, AAK, WARISAN dan WALHI BENGKULU. Asi diakhiri pukul 12.00 WIB dengan evaluasi dikantor KANOPI dan PKM UNIB. Dari hasil evaluasi aksi kemudian muncul seruan aksi media dengan tagar #Plt.GubernurBengkuluPenakut #TolakPLTUBatuBara #CabutIzinLingkunganPTTLB #TolakEnergiKotor #Bersihkan Indonesia. (MS)
Source : KOMINFO BEM KBM UNIB

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 90 Tahun Sumpah Pemuda, BEM KBM UNIB Prakarsai aksi #TolakPLTUBatuBara Rating: 5 Reviewed By: Unknown