Latest News
Monday 13 March 2017

[Cerpen Part 1 ] Kacamata Surga


                
Unibkita|| Cerpen ini ditulis oleh mahasiswa dari Fisip Universitas Bengkulu, sebut saja namanya Nayatul Insan. Semoga menikmati cerita pendek ini, dan nantikan kelanjutanya lagi:)

Detik-detik favorit akhirnya sudah tiba, detik dimana  dosen mulai melangkah meninggalkan ruang kuliah  dan  itu sebagai tanda kebebasan telah tiba. Dalam  ruangan yang  dianggapnya  penjara kebebasan itu. Seperti anak muda lainnya dia habiskan waktu luangnya menikmati aktifitas hura-huranya, jalan sana-sini, tongkrong sana tongkrong sini, loncat sana sini, pacaran gonta-ganti, happy-happy sampai berkelahi pun jadi  hobi. Tak pernah terpikir olehnya barang kali esok akan mati, selama hidupnya selalu seperti itu.

           
Anak muda itu bernama Arya. Seorang pemuda yang malas dan sukanya aneh-aneh, sore itu bersama teman-temannya dia berjalan menuju sebuah taman untuk beristirahat sambil menyantap makanan. Sementara teman-temannya membeli makanan dia berjalan sendirian mencari tempat yang nyaman untuk bersantai. Dia melangkahkan kakinya bersama desah nafas terdalamnya menikmati sejuk dan rindangnya taman itu. Akhirnya dia menemukan sebuah bangku panjang  yang  menurutnya nyaman untuk bersantai sambil menyantap makanan nantinya. Didapatinya sebuah kaca mata ada di sebelahnya ketika beberapa detik dia duduk di bangku itu dan menoleh kesebelahnya. Kaca mata itu seperti sedang melihatnya dalam posisinya bisu dengan lensanya yang cukup lebar. Sejenak dia termenung melihat kaca mata itu. Betapa dia melihat begitu dalam dan jelasnya bahwa dirinya ada disana, di dalam lensa itu. Seolah dia sedang  bicara dalam hatinya itulah dirinya, wajah dan mungkin gaya hidupnya. Sempat terpikir olehnya “kaca mata siapa ini?”. Maka disimpannya kaca mata itu, dan melihat teman-temannya sudah datang kepadanya.

Saat Arya dan teman-temannya  sedang asik ngobrol sambil menikmati  makanan, tampak seorang perempuan di ujung pandangnya  dengan jilbab panjangnya yang terlihat sedang mencari sesuatu, Arya pun mencoba bertanya pada temannya itu.
“A
pa kalian mengenal dia?”
 “Namanya Naya, dia satu tingkat di atas kita”, ujar teman-temannya diiringi senyum curiga, hingga akhirnya menertawakannya. Entah apa yang ada di otak mereka.
.................................................
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: [Cerpen Part 1 ] Kacamata Surga Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah