Latest News
Tuesday 5 January 2016

BEM Seluruh Indonesia Siapkan Aksi Jika Rektor UNJ Tidak Cabut SK Pemberhentian Ronny Setiawan

Unib Kita - Pernyataan Sikap Korpus Bem Seluruh Indonesia

BEM Seluruh Indonesia menuntut Rektor UNJ mencabut SK Rektor Pemberhentian Saudara Ronny Setiawan sebagai Mahasiswa!

Dunia pendidikan Indonesia kembali berduka dan demokrasi dibungkam. Saudara Ronny Setiawan (Ketua BEM UNJ – Koordinator Wilayah BEM SI Jabodetabek Banten) diberhentikan statusnya sebagai Mahasiswa oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta Djaali atas tuduhan dianggap melakukan pecemaran nama baik. Hal tersebut terlampir dalam keputusan Rektor UNJ Nomor 01/SP/2016.
Hal tersebut berawal dari demonstrasi Mahasiswa UNJ terkait penggusuran Kampus Fakultas MIPA yang dikoordinatori oleh Saudara Ronny Setiawan selaku Ketua BEM UNJ. Selain itu mahasiswa UNJ juga menuntut keterbukaan Rektor UNJ atas dugaan penyimpangan-penyimpangan lain yang dilakukan oleh Rektor UNJ. Terlepas dari persoalan internal UNJ yang sedang diperjuangkan oleh Saudara Ronny Setiawan dan kawan-kawan mahasiswa UNJ, diberhentikannya Saudara Ronny Setiawan sebagai mahasiswa adalah bentuk totalitarianisme, kemunduran dan pelecehan dalam pendidikan sekaligus dibungkamnya demokrasi dan hak untuk berpendapat. Dan tindakan Rektor UNJ tersebut tidak dapat dibiarkan dan harus dilawan!.

Maka atas nama BEM Seluruh Indonesia, dengan ini menyatakan sikap:
1. Menentang Keputusan Rektor UNJ memberhetikan status Saudara Ronny Setiawan sebagai Mahasiswa UNJ.
2. Mengajak seluruh Mahasiswa Indonesia untuk bergerak membela hak Saudara Ronny Setiawan dan hak Mahasiswa dalam berdemokrasi dan menyampaikan pendapat.
3. Koordinator Pusat atas nama BEM Seluruh Indonesia akan mengirimkan surat kepada Rektor UNJ dan Menristek Dikti untuk mencabut SK Rektor UNJ yang memberhentikan Saudara Ronny Setiawan.
4. Jika SK Rektor UNJ tidak segera dicabut, maka BEM Seluruh Indonesia akan:
a. Menyerukan aksi turun ke jalan untuk membela hak pendidikan Saudara Ronny Setiawan dan hak mahasiswa dalam berdemokrasi dan menyampaikan pendapat.
b. Membawa kasus Pemberhentian Saudara Ronny Setiawan sebagai mahasiswa ke ranah hukum.

Kebenaran tidak akan pernah mati, dan orang yang memperjuangkannya akan tetap ada dan berlipat ganda. Kami tidak akan diam begitu saja.

Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia
Bambang Irawan
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BEM Seluruh Indonesia Siapkan Aksi Jika Rektor UNJ Tidak Cabut SK Pemberhentian Ronny Setiawan Rating: 5 Reviewed By: Unibkita