Latest News
Tuesday 21 June 2016

“IPK KEREN“ IKAN PAIS KAYA RASA, KULINER SEHAT INDONESIA


Unibkita.com || Ikan pais kuliner khas bengkulu, enak rasonyo
Masakan Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau dan memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan dan tradisi-adat. 

Pada dasarnya tidak ada satu bentuk tunggal "masakan Indonesia", tetapi lebih kepada, keanekaragaman masakan regional yang dipengaruhi secara lokal oleh Kebudayaan Indonesia serta pengaruh asing.

Salah satunya adalah makanan khas dari provinsi Bengkulu . bengkulu kaya akan adanya di sector perikanan salah satu nya diolah dengan membuat produk ikan pais.  Ikan Pais yang juga dikenal dengan nyanyian “ ikan pais enak rasonyo “ ini cukup diminati oleh masyarakat Bengkulu. Bahan-bahan yang beraneka ragam yang dipakai membuat rasanya semakin khas Indonesia dan lebih sehat karena menggunakan bumbu-bumbu alami. Ikan pais dibagi menjadi 2 versi, yaitu versi Bengkulu dan Bengkulu Selatan. 

Versi Bengkulu ini ikan pais dibungkus dengan daun talas dan di isi dengan kelapa dan bumbu-bumbunya kemudian dikukus atau direbus. Versi  Bengkulu selatan ikan pais dibuat dengan tanpa daunt alas , hanya dibungkus dengan daun pisang beserta bumbu dan kelapa didalamnya kemudian di bakar atau dipanggang.

Penasaran untuk mencoba ? berikut langkah pembuatan ikan pais versi Bengkulu selatan dengan modifikasi rasa original,kelapa dan tempoyak.   Berikut  langkah-langkah pembuatannya 
Alat :


1.      Pemanggang ikan
2.      Baskom
3.      Kuali
4. Oven atau alat pemanggang sejenisnya
5.      Tusuk gigi
  
Bahan :

1.      Ikan ( 1 Kg sesuai porsi)
2.      Kelapa ( bisa tempoyak sesuai pilihan selera)
3.      Kunyit
4.      Cabe
5.      Daun salam
6.      Jeruk nipis ( bisa asam jawa)
7.      Bawang putih dan bawang merah
8.      Kemiri
9.      Serai
10.  Daun gambir
11.  Garam secukupnya
12.  Gula secukupnya

Langkah –langkah pembuatannya :

a.       Pengukusan :
1) Bersihkan ikan (1 kg), cuci dan tiriskan.
2) Didihkan air di dalam dandang  yang sudah dicampur dengan rempah-rempah (kunyit kering, daun salam, daun gambir) dan kukus ikan didalamnya selama 10 menit, lalu tiriskan. Pengukusan dengan rempah-rempah ini berkhasiat mengawetkan ikan secara alami.
b.      Pemanggangan :
·         Proses pembuatan ikan pais original :  
a)    Haluskan bumbu yang terdiri dari 1 jempol (2 cm) jahe, 1 jempol (2 cm) kunyit, 3 butir kemiri, 5 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, 1 sendok teh gula pasir, 2 sendok teh garam, asam jawa secukupnya (atau jeruk nipis).
b)   Campurkan serai dan bumbu halus.
c)    Lumurkan bumbu halus ke seluruh permukaan ikan, termasuk ke dalam rongga perut ikan.
d)   Tambahkan 1-2 lembar daun salam dan tambahkan daun kemangi. Kita juga bisa memasukkan rajangan daun bawang dan beberapa cabe rawit ke dalam paket kukusan (sesuai selera).
e)    Bungkus ikan dengan sepotong daun pisang dan tusukkan tusuk gigi pada kedua ujung daun pisang.
f)    Paket ikan pais dipanggang di dalam oven pemanggang sekitar 1 jam. Pemilihan cara memasak dengan pemanggangan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan aroma ikan pais yang harum, serta ikan pais yang dihasilkan akan lebih awet.  
g)   Begitu ikan pais tersebut matang, angkat dan dinginkan selama 5 menit.
·         Proses pembuatan ikan pais kelapa :
a) Parut 1 buah kelapa matang lalu di gongseng kemudian dihaluskan.
b) Parut 1/2 kelapa tua (1/2 matang ) kemudian di haluskan.
c) Campur atau satukan kelapa matang dan tua yang sudah diparut tadi.
d) Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan kunyit.
e) Campur bumbu yang sudah diberi air asam jawa dengan adonan kelapa.
f) Masukkan ikan yang sudah dikukus kedalam bumbu yang sudah di siapkan. Setelah itu ikuti langkah e, f, dan g pada pembuatan ikan pais original.
·         Proses pembuatan ikan pais tempoyak ; sama halnya dengan proses pembuatan ikan pais oroginal. Hanya saja pada langkah b, tambahkan tempoyak pada ulekan yang berisi bumbu halus, dan aduk hingga tercampur rata. Ikan pais tempoyak ini dibuat secara berkala, yakni ketika musim durian.
Bagaimana ? tidak sulit bukan ? bumbu-bumbunya yang alami membuat rasanya, um yummy, sangat cocok untuk di makan bersama nasi dan lalapan. Selamat mencoba ! J

ctt : dari chef IPK

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: “IPK KEREN“ IKAN PAIS KAYA RASA, KULINER SEHAT INDONESIA Rating: 5 Reviewed By: Unknown