Latest News
Sunday 12 August 2018

Jerry anak Papua yang Tembus Beasiswa Kedokteran UNIB

Tim Unibkita bersama Jerry yang berada ditengah

UnibKita.com II Pengenalan kehidupan kampus baru saja usai, penulis merasa seperti kembali di 3 tahun lalu, saat status masih “Mahasiswa Baru”. Terlalu banyak hal telah dilalui, dari banyaknya maba yang mengikuti kegiatan tersebut, penulis menemukan sosok mahasiswa baru yang memiliki kisah penuh inspiratif. Hal ini diawali dengan pertemuan tim Unibkita dengan sosok Jerry Alfarix Sruwally, ia berasal dari Manokwari, Papua dan tembus Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) dan akhirnya kuliah dengan jurusan Kedokteran di Universitas Bengkulu. Saat ditemui di FKIK UNIB, nampak Jerry masih sibuk dengan berkas berwarna coklat mudanya yang berisi dokumen-dokumen penting kelengkapan kuliah. Penulis lalu melihat jam, ternyata tepat pukul 10.00 WIB. Dalam hati berkata, “Hufft untung enggak telat”. Memang sebelumnya, tim unibkita telah membuat janji dengan Jerry untuk bertukar cerita, dan dia mengiyakan. Sejak pagi Jerry telah berada di kampus untuk mengikuti kegiatan rutin FKIK, yaitu melakukan senam di hari Jumat.

“Hai Jery, saya Wiyah dari Unibkita yang sebelumnya janjian sama kamu”, sapa Penulis. Jerry diam beberapa detik dan berkata ”Oh, iya ya”. Penulis merasakan suasana canggung. Lalu untuk memecah suasana canggung ini, penulis segera mengajak Jerry untuk mencari tempat yang enak untuk ngobrol dan pilihan jatuh pada pelataran FKIK UNIB. Cerita seru pun dimulai.
Jerry bersama teman-teman yang lain mengikuti diklat bela negara 

Diawal Jerry bercerita apa yang menjadi motif terbesarnya untuk kuliah dengan jurusan Kedokteran. Dia menjelaskan sangat rinci tentunya dengan aksen bahasa papua kental. “Rumah sakit di Papua banyak, tapi sangat disayangkan sangat kekurangan tenaga medis. Tentu ini tidak seimbang, hal ini yang akhirnya membuat saya menjatuhkan pilihan untuk mengikuti program beasiswa ADIK dengan mengambil pilihan Kedokteran” tegas Jerry. Dari sumber yang telah penulis dapatkan memang Pemerintah Pusat Pemprof Papua telah mengembangkan Program 1000 Doktor yang dikelola BPSDM (Badan Pengelola Sumber Daya Manusia) Provinsi Papua. Program yang dimulai tahun 2009 di masa kepemimpinan Gubernur Barnabas Suebu ini telah berhasil mengirimkan lebih dari 200 orang Papua untuk mengecap pendidikan di beberapa universitas ternama di luar negeri. Targetnya, hingga tahun 2025 sudah ada 1000 putra-putri Papua bergelar Ph.D yang dihasilkan melalui program ini (Kompasiana).

Persiapan untuk mengikuti tes beasiswa ini tidaklah mudah, hal ini disampaikan oleh Jerry. Ada banyak anak-anak Papua mulai dari pendatang maupun suku asli yang juga ingin mengikuti program beasiswa ini. “22 Mei 2018 saya mengikti tes, dan saya masih ingat sekali pada tanggal 6 Juli nama saya tertera di pengumuman dan lolos di Kedokteran UNIB. Ini tidak terlepas dari support yang diberikan kedua orang tua saya dan orang tua wali yang tinggal di Manokwari” Pungkas Jerry.
Jerry bersama teman-teman satu gugusnya
Diawal pengenalan kehidupan kampus, Jerry mengaku kesulitan untuk memahami bahasa Bengkulu yang mayoritas berakhiran huruf “o” namun ia cepat beradaptasi dengan bantuan teman-teman yang juga berasal dari Papua yang lebih dulu kuliah di Bengkulu.  Bersama teman-temannya momen pertama datang ke Bengkulu, mereka pun memutuskan untuk jalan-jalan. “Kami akhirnya memesan Grab untuk jalan-jalan, kami pergi ke Mega Mall, BIM, terus Pantai panjang” ujar Jeryy nampak antusias bercerita.


Mendengan cerita perjalanan Jerry, penulis merasakan betul bagaimana semangat membara yang ada, bahkan ketika ditanya rencana setelah lulus wisuda ia bermaksud akan melanjutkan studi S2 di Luar Negeri lalu kemudian mengabdikan diri di Papua, kota kelahirannya. Ia pun menambahkan pesan teruntuk orang-orang Papua agar selalu berusaha karena ketika ada sebuah impian dan harapan harus dibarengi dengan semangat dan usaha maka akhirnya yang diharapkan akan menjadi sebuah keberhasilan. Diakhir percakapan, penulis tiba-tiba iseng menanyakan cita-cita kedua Jerry  lalu ia berkata ”Saya ingin jadi Bupati Papua” sambil tersenyum. 
Mahasiswa Baru asal Papua disambut oleh para Kating 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jerry anak Papua yang Tembus Beasiswa Kedokteran UNIB Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah