Latest News
Thursday 27 July 2017

Perdana! FISIP UNIB Jadi Tuan Rumah Asean Learning Network 2017

Unibkita.com||ASEAN Learning Network atau jaringan pembelajaran ASEAN didirikan pada tahun 2009 di Banking University Ho Chi Minh City, Vietnam. Selain Universitas dari negara-negara ASEAN, jaringan kerjasama ALN ini juga melibatkan Asian Research Centre dari University of St.Gallen, Switzerland di mana Prof. Chong Li Choy sebagai direkturnya. 

Tujuan dari jaringan kerja ini adalah untuk mendorong kerjasama di antara Universitas anggota di kawasan ASEAN dan komunitas mitranya, terutama untuk isu social entrepreneurship dalam program Social Enterprise for Economic Development (SEED). 

ALN terus berusaha memperluas jaringan keanggotaannya, memperkuat pengaruhnya dan mengembangkan program-program kerjanya.
Keanggotaan FISIP UNIB pada jaringan ALN dimaksudkan untuk mendorong internasionalisasi FISIP UNIB ke tingkat region ASEAN. Harapannya, secara bertahap FISIP UNIB akan memasuki pergaulan akademik untuk bidang ilmu sosial, politik dan humaniora ke kawasan yang lebih luas. 

FISIP UNIB menjadi host rapat ALN Council yang ke 22 pada tanggal 27-29 Juli 2017. Acara ini akan dihadiri oleh 43 orang perwakilan dari sebelas Universitas, yaitu University of St.Gallen, Switzerland; Banking University Ho Chi Minh City, Vietnam; Thaksin University dan Princess of Naradhiwas University, Thailand; San Beda College dan De La Salle University, Philippine; Universiti Teknologi Malaysia, University Malaysia Perlis, Universiti Malaysia Kelantan, Malaysia;  Institut Teknologi Bandung dan Universitas Bengkulu, Indonesia. 

sumber gambar: unib.ac.id
Selain rapat rutin , kegiatan ini juga diwarnai dengan seminar mengenai ALN dan SEED pada 27 Juli  dengan Prof. Chong Li Choy sebagai pemateri, serta seminar mengenai Research Publication and Writing tanggal 28 Juli oleh Prof. Noor Haniza Sarmin. Peserta meeting juga akan diajak melakukan excursion, dengan berbagai aktivitas seperti: (a) penanaman mangrove di kawasan Taman Wisata Alam Pantai Panjang, (b) menikmati keindahan Benteng Malborough, (c) mencicipi kuliner khas Bengkulu dan (d) wisata belanja batik di La Mentique Boutique.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas  Bengkulu, DR.Ridwan Nurazi, M.Sc juga akan melakukan penandatanganan tiga MoU, yaitu antara Universitas Bengkulu dengan ALN; Universitas Bengkulu dengan Princess of Naradhiwas University Thailand dan antara Universitas Bengkulu dengan San Beda College Philippine. Dekan FISIP Unib juga akan melakukan penandatanganan MOA dengan ALN.

Sementara itu Rektor UNIB yang kini juga menjabat sebagai chairman Regional Network on Poverty Eradication (RENPER) juga akan melaksanakan parallel meeting dengan Assoc. Prof. Ha Thi Thieu Dao, Ph.D dari Banking University Ho Chi Minh City Vietnam dan Prof. Tita Evasco Branzuela dari San Beda College The Philippine untuk membahas persiapan conference RENPER tahun 2018 mendatang di Manila The Philippine. (fery)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Perdana! FISIP UNIB Jadi Tuan Rumah Asean Learning Network 2017 Rating: 5 Reviewed By: Ferry.Weblinggau.net