Latest News
Thursday 24 May 2018

UKM P3M KBM UNIB Gelar Pelatihan Kepenulisan


Unibkita.com|| Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengembangan Penalaran dan Penelitian mahasiswa, menggelar Pelatihan Kepenulisan Karya Tulis Inovatif. Kepenulisan inovatif dalam pelatihan ini merupakan pelatihan kepenulisan fiksi berupa sastra prosa (novel, cerpen) dan puisi. Kegiatan pelatihan kali ini mengusung tema "Semangat Berkarya dan Mencintai Sastra" dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang ahli dibidang tersebut. 

Dihadirkan 2 pemateri dalam pelatihan ini, pemateri pertama ialah Siti Maryam, ia akan menyampaikan pelatihan kepenulisan mengenai puisi di hari Sabtu, 26 Mei 2018 kemudian disusul oleh pemateri kedua yaitu Astri Wijayanti yang akan menyampaikan mengenai pelatihan kepenulisan mengenai cerpen pada Minggu, 27 Mei 2018. Pelatihan ini sendiri akan diselenggarakan di Ruang 3 Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai dasar 1 dan akan dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan Kepenulisan ini tidak terbuka untuk umum, kegiatan ini diselenggarakan terkhusus untuk semua anggota Laskar P3M, Ercom Medika dan Media Rafflesia dan tentunya juga tidak dipungut biaya.

Unibkita telah berhasil merangkum Curiculum Vitae dari masing-masing pemateri. Pemateri pertama Siti Maryam merupakan mahasiswi aktif Universitas Bengkulu Program Studi FKIP PGSD 2016, ia merupakan mahasiswi berprestasi Universitas Bengkulu pada tahun 2017, Penulis terpilih dalam antologi puisi "Syair dalam Nada" di event lomba menulis puisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Penerbit Buana Literasi, Penulis buku antologi puisi "Aku Kembali" pada event lomba menulis yang diselenggarakan oleh UKM P3M KBM UNIB ditahun 2016 dan masih banyak prestasi yang penah ia raih. Lalu dengan Pemateri kedua sendiri juga masih merupakan mahasiswi aktif Bengkulu. Astri Wijayanti atau biasa disapa Astri merupakan mahasiswi Program Studi FKIP Bahasa dan Sastra 2016, Ia pernah menjuarai lomba cipta puisi level Sumbagsel, juara 3 Pimnas 30 Kelas Presentasi PKM-K, mahasiswi berprestasi ditingkat Universitas maupun Fakultas di tahun 2017, penerima hibah dana PKM-K 2017, penerima hibah dana KBMI 2017 dan masih banyak prestasi yang pernah ia raih.

Menjadi UKM yang bergerak dibidang pengembangan penelitian membuat UKM P3M bercita-cita untuk mengembangkan softskil mahasiswa, salah satu cara yakni dengan menyelenggarakan kegiatan ini dengan mendatangkan pemateri-pemateri yang telah mumpuni dibidang kepenulisan. Hal ini bertujuan untuk menjaring kader-kader baru yang tentunya lebih mendalami ilmu kepenulisan dan diharapkan juga setelah kegiatan ini akan terlahir penulis-penulis kreatif, menginspirasi serta mampu menghasilkan karya yang bermanfaat. 
“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.”―Seno Gumira Ajidarma, Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara

smst
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: UKM P3M KBM UNIB Gelar Pelatihan Kepenulisan Rating: 5 Reviewed By: Mar Wiyah