Latest News
Tuesday 22 May 2018

Semangat Berorasi : Mahasiswa Unib Gelar Aksi 20 Tahun Reformasi

Dokumentasi Aksi 20 tahun Reformasi
UnibKita.com || Reformasi merupakan perubahan suatu kehidupan lama dengan tatanan peri kehidupan baru yang secara hukum menuju ke arah perbaikan. Gerakan Reformasi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998 merupakan suatu gerakan untuk mengadakan suatu pembaharuan dan perubahan terutama perbaikan dalam bidang politik, sosial, ekonomi, hukum dan pendidikan. Peristiwa Reformasi telah menjadi sejarah besar bagi bangsa Indonesia dalam merombak suatu perbaikan, dan telah kita ketahui bersama bahwasannya Reformasi telah berlalu hingga 20 tahun lamanya, dan setiap tahunnya pasti akan diperingati oleh para mahasiswa dengan melaksanakan aksi. Di bawah naungan dari Kementerian Polkastrat (Politik dan Kajian Strategis) BEM KBM UNIB, mahasiswa Unib menggelar aksi sampaikan orasi 20 tahun reformasi, yang dilaksanakan pada Senin, 21 Mei 2018 tepatnya di Tugu Reformasi Unib Depan. Aksi tersebut berjalan dengan penuh semangat, karena meskipun hujan mengguyur begitu deras akan tetapi hal tersebut tidaklah menyurutkan semangat para mahasiswa dalam menghidupkan tugu Reformasi.

Dokumentasi Aksi 20 tahun Reformasi
Dalam persiapan dari Aksi 20 Reformasi ini, bisa dibilang cukup matang dimulai dari melaksanakan kajian terlebih dahulu dari internal polkastrat, dan kemudian barulah dikaji pada Garda Muda Rafflesia yang dalam hal ini tergabung dalam delapan fakultas di Universitas Bengkulu, setelah itu dikembangkan kembali dengan melibatkan Bem se-Kota Bengkulu, adapula pihak OKP yang turut di undang akan tetapi pada saat aksi pihak OKP berhalangan hadir dikarenakan ada sedikit hambatan. 

Selain itu mengenai kendala dari persiapan aksi, ini bisa dikatakan cukup alot dalam hal perbicangan dengan pihak Polres Intel Bengkulu, dan hal tersebut terjadi karena adanya keterlambatan pemasukan surat pemberitahuan aksi dari pihak panitia kepada pihak Polres Bengkulu, namun dengan beberapa pertimbangan aksi tetap akan dilaksanakan hanya saja tempat aksinya yang sedikit berubah dan tidak seperti biasanya, karena biasanya aksi dilaksanakan di Simpang Lima. Dan dalam hal ini diperolehlah kesepakatan bahwa aksi tetap dilaksanakan di Tugu Reformasi Unib Depan, dan yang menjadi tolak ukur mengapa aksi tetap dilaksanakan di tempat tersebut adalah karena tempat tersebut menjadi monumen bersejarah bagi mahasiswa Universitas Bengkulu, dan sebagai simbol bahwa mahasiswa Universitas Bengkulu pada waktu itu juga turut berjuang dalam meruntuhkan rezim Soeharto.

Dokumentasi Aksi 20 tahun Reformasi
Di dalam suatu aksi pasti ada yang namanya orator dan dalam hal ini diwakilkan kepada Saudara Reno (FEB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Handoyo (Wapres BEM KBM UNIB), Fiqri (Polkastrat), M.Nur (FT) Fakultas Teknik, Hanif (FISIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Khanif (Presma BEM IAIN) dan Alvino dari IAIN, Wahyu Wulandari (Menteri KPP BEM KBM UNIB). Selain penyampaian orasi adapula penyampaian puisi. 

Dokumentasi Aksi 20 tahun Reformasi
Adapun mengenai tuntutan aksi yang disampaikan oleh Mahasiswa adalah terdapat beberapa hal yang di ajukan pada aksi 20 tahun reformasi ini, adalah sebagai berikut: 

A. Supremasi Hukum

1. Menuntut Jokowi untuk segera merealisasikan janjinya dalam membongkar kasus HAM berat.
2. Menuntut DPR untuk merealisasikan tugas dan wewenangnya sebagai penyerap, penghimpun,    menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat.  
3. Kembalikan kedaulatan Demokrasi ke tangan rakyat, pastikan tidak ada pembungkaman hak-hak rakyat, serta penindasan suara rakyat, dan jangan undang lagi kekuasaan militer yang bertentangan dengan tuntutan reformasi.
4. menuntut Kapolri untuk meningkatkan kredibilitas dan kapabilitas serta tidak tebang pilih dalam upaya penegakan hukum. 

B. Hapuskan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)

1.  Mendorong Bawaslu untuk bekerja secara profesional dan menghimbau kepada masyarakat agar memilih pemimpin yang bebas dari perilaku KKN sesuai dengan cita-cita Reformasi.
2. Menuntut KPK untuk membongkar dan menuntaskan kasus korupsi dengan berkeadilan, transparan dan independen.
3. Menuntut pemerintahan Jokowi-JK untuk berani berpihak pada KPK dan mendukung upaya KPK dalam pemberantasan kasus korupsi. 

Dokumentasi Aksi 20 tahun Reformasi
Terakhir adalah mengenai harapan dari momentum 20 tahun aksi reformasi ini "semua mahasiswa kemudian pemuda itu tahu bahwa ada cita-cita yang belum terealisasikan, kemudian ada dua hal yang kita soroti dalam aksi ini adalah pertama mengenai Supremasi Hukum dan yang kedua adalah mengenai Hapuskan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Harapannya bukan hanya mahasiswa yang tercerdaskan dalam hal ini akan tetapi juga masyarakat secara umum dan kemudian pemerintah itu sendiri yang memiliki mandat dari rakyat untuk memperbaiki apa-apa saja yang belum terlaksana".  Tutur Hadi Pratama selaku Koordinator Lapangan dalam Aksi 20 Tahun Reformasi.  (Astri)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Semangat Berorasi : Mahasiswa Unib Gelar Aksi 20 Tahun Reformasi Rating: 5 Reviewed By: rafflesiainisiator